Skip to main content

Kuliah Jurusan Kedokteran UGM


Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada adalah Fakultas Kedokteran yang paling tua di Indonesia, beralamat di Jalan Farmako Sekip Utara, Kecamatan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Fakultas ini berdiri 5 Maret 1946. FK UGM memiliki visi dan misi yang tentunya tidak dapat kita pisahkan dengan Visi dan Misi Universitas Gadjah Mada sendiri, ialah menjadi Fakultas Kedokteran berkelas dunia, inovatif dan unggul mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila. Tata kelola fakultas yang baik, transparan dan akuntabel merupakan hal yang sangat penting saat ini. Oleh karena itu rencana yang strategis dan rencana operasional di fakultas ditetapkan dalam mewujudkan visi dan misi tersebut.
Pertumbuhan dan keunggulan para mahasiswa yang terdaftar di tingkat Pascasarjana membuat Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada menjadi fakultas pascasarjana yang terpopuler di Indonesia. Lebih dari 6000  mahasiswa sarjana dan pascasarjana di Fakultas Kedokteran UGM fokus pada kegiatan akademik, dengan begitu diharapkan dapat menjadi lulusan profesional dan ilmuwan yang mumpuni dan berguna dalam memberikan perkembangan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Civitas akademika Fakultas Kedokteran yang mempunyai banyak prestasi ini terus meningkatkan upaya untuk melakukan publikasi ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional.

Visi FK UGM
Untuk fisinya adalah : Menjadi Fakultas Kedokteran berstandar internasional yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila

Misi FK UGM
Sedangkan untuk misinya adalah : Meningkatkan status kesehatan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian, dan pelayanan yang unggul, berlandaskan kearifan lokal, etika, profesionalisme dan keilmuan berbasis bukti.



Jurusan/program studi
Untuk jutusan yang ada di fakultas kedokteran sendiri ada 3 jurusan pada S1, 20 pascasarjana (S2) yaitu dokter spesialis, 6 Master dan 1 Doktor.

Berikut rincian jurusannya :

A. Sarjana
1. Jurusan Ilmu Keperawatan
2. Jurusan Pendidikan Dokter
3. Jurusan Gizi Kesehatan

B. Pasca Sarjana
Dokter Spesialis
1. Ilmu Bedah
2. Anestesi dan reanimasi
3. Bedah Anak
4. Ilmu Kedokteran Forensik dan Mediko Legal
5. Bedah Syaraf
6. Ilmu Kedokteran anak
7. Ilmu Kesehatan Jiwa
8. Ilmu Kesehatan THT-KL
9. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin
10. Ilmu Kesehatan Penyakit Mata
11. Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
12. Ilmu Penyakit Dalam
13. Ilmu Penyakit Saraf/Nerologi
14. Obstetri dan Ginekologi
15. Orthopaedi dan Traumatologi
16. Mikrobiologi Klinik
17. Patologi Klinik
18. Patologi Anatomi
19. Urologi
20. Radiologi

C. PROGRAM S3 ILMU KEDOKTERAN DAN KESEHATAN
Jurusan yang ada di S3 Kedokteran UGM adalah sebagai berikut :
1. Ilmu Kedokteran Klinik
2. Ilmu Biomedik
3. Ilmu Pendidikan Kedokteran
4. Ilmu Kesehatan Masyarakat




Jurusan kedokteran sampai sekarang masih jadi suatu kebanggaan untuk kebanyakan orang, karena memang terlihat eksklusif. Walaupun sudah menjadi rahasia umum kalau biaya jurusan kedokteran ini selangit, demi anak, beberapa orangtua tidak ragu lagi untuk mendaftarkan anaknya berkuliah di fakultas kedokteran suatu universitas negeri yang populer.

Bagi teman - teman yang sangat tertarik  berkuliah di kedokteran atau sekedar ingin mendaftarkan anak Anda, sekarang tidak perlulah untuk khawatir dengan ketidakpastian biaya kuliah kedoktetan, ini dikarenakan mulai tahun 2013, Pemerintah telah menerapkan sistem baru dalam penentuan biaya masuk universitas yang dinamakan dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT ). Dalam sistem ini tercantum aturan bahwa mahasiswa yang tergolong berada di tingkat ekonomi tinggi (kaya ) akan dikenakan biaya tinggi pula, ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa yang memiliki tingkat ekonomi rendah (bisa diartikan seperti semacam subsidi silang). Sistem baru ini akan memberikan biaya yang bervariasi pada mahasiswa sesuai kemampuan atau profesi orangtua atau pihak lain yang bertanggung jawab membiayai calon mahasiswa. Ini kadang masih belum diketahui oleh kebanyakan orangtua dan calon mahasiswa. Oleh karena itu, pembaca perlu mencari lebih banyak informasi lagi.

Aturan ukt tunggal ini telah diberlakukan di beberapa universitas negeri yang populer di Indonesia, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. UGM sebagai universitas favorit untuk para calon mahasiswa yang ada di Indonesia ini juga menerapkan sistem UKT.

Berikut  rincian biaya kuliah untuk beberapa program studi yang ada di  (FK-UGM) Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada:

Program Studi

Biaya Kuliah per semester
S1 Pendidikan Dokter
UKT 0 gratis
UKT I 500.000
UKT II 1.000.000
UKT III 7.250.000
UKT IV 10.857.000
UKT V 14.500.000
UKT VI 22.500.000


S1 Pendidikan Dokter Gigi
500.000
1.000.000
7.350.000
9.800.000
13.300.000
20.000.000

S1 Kedokteran Hewan
500.000
1.000.000
5.000.000
6.500.000
8.000.000
10.000.000

S1 Ilmu Keperawatan Gigi
500.000
1.000.000
3.700.000
5.600.000
7.500.000
9.500.000

Untuk Aturan Pembagian UKT pada masing-masing mahasiswa FK UGM:

UKT 0 : Berlaku bagi mahasiswa yang masuk universitas melalui jalur bidikmisi. Bidik misi adalah untuk yang kurang mampu, biasanya direkomendasikan oleh guru sma / smk / sederajad, kalian bisa bertanya kepada guru sekolah kalian untuk mendapatkan bidikmisi.

UKT I : untuk para mahasiswa dengan kemampuan finansial keluarganya yang bergaji  ≤ Rp 500.000 per bulan.

UKT II : berlaku untuk para mahasiswa dengan kemampuan finansial orangtua Rp 500.000 - 2.000.000 per bulan.

UKT III : berlaku untuk para mahasiswa dengan kemampuan finansial orang tua Rp 2.000.001 - 3.500.000 per bulan.

UKT IV : berlaku untuk para mahasiswa dengan kemampuan finansial yang diperoleh orangtua Rp 3.500.001 - 5.000.000 per bulan.

UKT V : berlaku untuk para mahasiswa dengan kemampuan finansial yang diperoleh orangtua Rp 5.000.001 - 10.000.000 per bulan.

UKT VI : berlaku untuk para mahasiswa dengan kemampuan finansial yang diperoleh orangtua > Rp 10.000.000 per bulan.

Pada program s2 / s3 biasanya ada jalur prestasi yang dapat memperoleh kuliah geratis.



Mahasiswa Kedokteran Hebat UGM
Berikut ini adalah para mahasiswa yang mempunyai kemampuan tinggi sehingga bisa diterima di kedokteran UGM
-Aldo Meyolla, anak yang masih berumur 14 Tahun Jadi Mahasiswa Kedokteran UGM
-Riyo seorang Anak Buruh Tani yang bisa Tembus di Fakultas Kedokteran UGM
-Alumni termuda fakultas kedokteran , dokter termuda, dr Riana
-Helmi, sebagai lulusan termuda Fakultas Kedokteran UGM , pada fakultas kedokteran ugm

Comments

Popular posts from this blog

Tata Penulisan (Lettering) Pada Peta

Seperti apasih Tata Penulisan (Lettering) yang benar dalam peta itu? Pada peta juga terdapat aturan-aturan dalam cara penulisan pada suatu objek-objek geografi. Setidak-tidaknya disini Terdapat empat aturan penulisan dalam peta yang harus kita patuhi, lihatlah pada (Gambar 1.12). Dibawah ini adalah beberapa aturan atau tanda untuk penulisan nama - nama suatu objek dalam peta 1) pada nama-nama ibu kota, negara, benua, dan pegunungan itu haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kapital tegak. 2) untuk nama-nama samudra, nama teluk yang luas, laut, dan nama selat yang luas, maka harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital miring. 3) untuk nama-nama kota kecil dan gunung haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kecil tegak. Pada awal nama kota dan gunung ditulis dengan huruf besar. 4) sedangkan untuk nama-nama perairan seperti sungai, danau, selat yang sempit, dan nama teluk yang sempit juga haruslah ditulis dengan huruf kecil miring. Itulah beberapa aturan penamaa

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya a. Virus bakteri (bakteriofage) Bakteriofage adalah jenis virus yang menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyerbu bakteri. Dibandingkan dengan kebanyakan virus lainnya, ia sangatkompleks dan mempunyai beberapa bagian berbeda yang telah diatur secara cermat. Semua jenis virus memiliki asam nukleat, yaitu pembawa gen yang diperlukan untuk menghimpun salinan-salinan virus di dalam sel makhluk hidup. Pada virus T4 asam nukleatnya adalah DNA, tapi pada banyak virus yang lainnya, termasuk virus penyebab AIDS, polio, dan flu, asam nukleatnya adalah pada RNA. Di virus RNA, RNA "baru" dibuat dengan cara menggandakan langsung RNA "lama" ataupun dengan cara lebih dulu membentuk potongan DNA pelengkap. mula-mula virus bakteriofage ditemukan oleh seorang ilmuwan Prancis yang bernama D'Herelle. Bentuk luarnya terdiri dari kepala yang berbentuk heksagonal, leher, dan ekor. Pada bagian dalam kepala mengandung dua p

Ciri - Ciri Tari Primitif

Berikut ini adalah ciri - ciri lengkap tari Primitif di Indonesia. Tari primitif adalah tari yang berkembang di daerah yang saat itu menganut kepercayaan animisme, dan dinamisme. Tari ini merupakan tari yang ditujukan untuk memuja roh para leluhur dan estetika seni. Tari primitif biasanya adalah wujud dan kehendak berupa pernyataan maksud dari permohonan tarian tersebut dilaksanakan. Ciri tari yang ada pada zaman primitif adalah adanya kesederhanaan pada kostum atau pakaian, gerak dan iringan. Tujuan utama dari tarian primitif ini adalah untuk mewujudkan suatu kehendak tertentu, sehingga ekspresi yang dilakukan itu berhubungan dengan permintaan yang diinginkan kepada leluhur. Ciri-ciri tari primitif antara lain adalah:  gerak dan iringannya sangatlah sederhana, yaitu berupa hentakan kaki, tepukan tangan / simbol suara ataupun gerak-gerak saja yang dilakukan tanpa iringan alat musik. • Gerakan dilakukan untuk tujuan tertentu misalnya adalah untuk menirukan gerak binatang karen