Skip to main content

Mengintip Kesuksesan Kopma UGM


Tentunya temen – temen yang baru lulus sma dan baru menjadi anak kuliahan pasti pengen ikut UKM kan? Apa itu UKM? Pasti kalian sudah tahu kan,.. kalau belum tahu ya bisa baca artikel saya yang sebelumnya. Salah satu yang digemari anak – anak yang suka berorganisasi atau suka berwirausaha biasanya mereka akan mengikuti kopma atau koperasi mahasiswa. Untuk kalian yang berdomisili di Yogyakarta saya anjurkan untuk mengikuti Kopma UGM. Mengapa begitu? Jika menurut pendapat saya pribadi, Kopma UGM mempunyai pengorganisasian yang bagus. Dimulai dari kopmart UGM, kafetaria, tempat pembuatan aneka pakaian seperti jas, korsa, kaos, sablonstiker dll. Kompa UGM mempunyai 4 divisi usaha,yaitu Swalayan, Kafetaria, Konveksi dan Sablonase, dan Warpostel. Dari usaha – usaha yang dimiliki koperasi UGM tersebut bisa menghasilkan omset milyaran rupiah. Prediksi omset dari koperasi UGM pada tahun ini diperkirakan sekitar 22 milyar rupiah. Dan tahukah kalian, siapa yang mengelola kopma ugm? Itu dari para mahasiswanya sendiri lho, mulai dari pengurus dan pengawasnya juga adalah dari mahasiswa sendiri. Keren kaan! Jangan salah kalau kopma ugm bisa sesukses itu. Semua karena para anggota dan pengurusnya yang memang profesional. Untuk menjadi profesional itu juga karena mereka belajar sungguh – sungguh sebagai anggota koperasi. Mereka adalah para mahasiswa dan sudah mampu bekerja sungguhan dan juga diberi gaji sungguhan. Lumayan kan buat bayar biaya kuliah sendiri.



Bagaimana cara menjadi anggota Kompa UGM?
Mudah, untuk menjadi anggota kopma ugm kalian cukup mendaftarkan diri di front office kopma ugm yang terletak dibelakang kopmart ugm. Lalu kalian akan diwawancarai dan setelah diterima menjadi anggota maka kalian harus membayar simpanan pokok dan kemudian akan mendapatkan kartu anggota.

Apakah anggota koperasi Kopma UGM hanya untuk anak UGM saja?
Salah, anggota koperasi UGM bukan hanya untuk anak UGM saja, melainkan juga bisa dari universitas lain. Jadi tenang saja kalau kalian dari universitas lain, kalian bisa menjadi bagian dari koperasi UGM kok. Oh iya, saran nih buat temen – temen yang masih duduk di bangku SMA, kalian juga bisa gabung kok. Lumayan loh bisa nambah pengalan buat kalian. Saya beri saran lagi nih, ini planningnya. Ketika kalian masih kelas X sampai kelas XI SMA, sebaiknya kalian ikut anggota koprasi sekolah kalian dulu, nah baru kelas XII kalian bisa gabung di koperasi ugm. Maka kalian akan selangkah lebih maju dari teman – teman kalian. Jiwa kewirausahaan temen – temen akan semakin terasah.

Ketika menjadi anggota koperasi, jadilah anggota yang aktif
Nah kalau kalian jadi anggota koperasi, maka jadilah anggota yang aktif, yaitu dengan cara mengitkuti kegiatan – kegiatan kopma. Di kopma nggak ada yang nggak berguna, semua kegiatan kompa sangat penting untuk menanamkan jiwa organisasi dan kewirausahaan kalian kok.
Lalu, aktif di kegiatan apa saja?
Kalian bisa mengikuti kegiatan – kegiatan kopma seperti mengikuti bincang – bincang alumni, yaitu sharing – sharing tentang kewirausahaan dengan alumni kopma yang sudah sukses. Kalian juga bisa menjadi pengurus kopma, menjadi panitia atau ikut kerja partime di kopma.
Gak bakal rugi beneran kalau kalian menjadi pengurus kopma. Temen – temen bakal ketemu dengan para mahasiswa yang juga mempunyai bisnis sendiri. Pengurus kopma ugm 2015 ini beberapa ada yang mempunyai usaha sendiri dan perbulan ada yang mempunyai omset 20 jutaan. Oh iya, ketika kalian menjadi pengurus kopma maka kalian akan menjalankan pengorganisasian kopma dan berarti kalian sama saja sudah bekerja. Kalian juga akan di gaji jika menjadi pengurus, lumayan untuk membayar biaya kuliah ataupun untuk uang tambahan kaan... uyeee..!

Lalu bagaimana cara menjadi pengurus kopma UGM?
Yang pertama kalian lakukan untuk menjadi pengurus adalah dengan mengikuti Diksar koperasi terlebih dahulu. Tentu kalian sudah tahu diksar kan? Kalau masih belum tahu tentang diksar bisa klik disini. Ya intinya diksar adalah pendidikan dasar yang isinya adalah agar kalian tahu lebih dalam tentang kepengurusan kopma ugm. Setelah mengikuti diksar maka kalian akan mengikuti dikor. Apa itu dikor? Detailnya klik disini. Jadi intinya dikor adalah untuk mengenalkan kepada kalian secara lebih lanjut tentang divisi kepengurusan kopma. Nah setelah dikor maka kalian harus mendaftar sebagai asisten bidang untuk menjadi staf kopma. Kalian akan diseleksi untuk menjadi asisten bidang. Apabila kalian lolos menjadi asisten bidang maka tugas kalian adalah untuk membantu staff kopma. Kalian akan mendapatkan gaji yang lumayan. Tapi tentunya pengalamanlah yang lebih penting untuk kita sebagai mahasiswa. Jangan pikirkan uangnya tapi pikirkan apa pengalaman penting yang akan kamu dapatkan. Untuk selanjutnya menjadi staff kopma ataupun menjadi kepala staff cobalah kalian ikuti alurnya, maka lama kelamaan kalian pasti bisa mencapainya.

Oh iya, di kopma ugm juga ada yang namanya komunitas dan gugus komunitas. Apasih bedanya?
Komunitas adalah suatu perkumpulan dimana untuk menjadi anggota komunitas tersebut tanpa perlu mengikut diksar (pendidikan dasar) terlebih dahulu, contohnya adalah komunitas sport society yang berisi pimpong, badminton, futsal. Sedangkan Gugus Komunitas adalah suatu perkumpulan dimana untuk menjadi anggota maka dari gugus komunitas tersebut bisa menentukan apakah harus mengikuti diksar terlebih dahulu atau tidak. Kebanyakan untuk menjadi anggota gugus komunitas harus mengikuti diksar terlebih dahulu. Contoh gugus komunitas adalah partime atau kerja sampingan di koperasi ugm, kemudian tim riset yang membahas bagaimana cara melakukan riset semisal tentang apa yang diinginkan konsumen, tentang target pasar dalam berwirausaha. Riset ini sangat penting untuk kalian yang ingin membuat skripsi di akhir kuliah. Kita akan diajari tentang riset dari nol. Di kopma ugm ini juga diberikan wadah bagi kalian  yang ingin berwiarusaha akan diberi modal.
Saat ini pada tahun 2015, kopma ugm mempunyai sekitar 13.800 anggota koperasi yang masih aktif dan mempunyai 1.734 alumni koperasi UGM yang sekarang sudah berkelana di berbagai negara. Dari alumni ugm ini ada yang menjadi pembicara di kick-andy karena prestasinya yang gemilang.

Temen – temen mungkin cukup sekian dulu., kalau ada yang ingin bertanya tentang kopma lagi silahkan komen aja XD....

Comments

Popular posts from this blog

Tata Penulisan (Lettering) Pada Peta

Seperti apasih Tata Penulisan (Lettering) yang benar dalam peta itu? Pada peta juga terdapat aturan-aturan dalam cara penulisan pada suatu objek-objek geografi. Setidak-tidaknya disini Terdapat empat aturan penulisan dalam peta yang harus kita patuhi, lihatlah pada (Gambar 1.12). Dibawah ini adalah beberapa aturan atau tanda untuk penulisan nama - nama suatu objek dalam peta 1) pada nama-nama ibu kota, negara, benua, dan pegunungan itu haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kapital tegak. 2) untuk nama-nama samudra, nama teluk yang luas, laut, dan nama selat yang luas, maka harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital miring. 3) untuk nama-nama kota kecil dan gunung haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kecil tegak. Pada awal nama kota dan gunung ditulis dengan huruf besar. 4) sedangkan untuk nama-nama perairan seperti sungai, danau, selat yang sempit, dan nama teluk yang sempit juga haruslah ditulis dengan huruf kecil miring. Itulah beberapa aturan penamaa

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya a. Virus bakteri (bakteriofage) Bakteriofage adalah jenis virus yang menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyerbu bakteri. Dibandingkan dengan kebanyakan virus lainnya, ia sangatkompleks dan mempunyai beberapa bagian berbeda yang telah diatur secara cermat. Semua jenis virus memiliki asam nukleat, yaitu pembawa gen yang diperlukan untuk menghimpun salinan-salinan virus di dalam sel makhluk hidup. Pada virus T4 asam nukleatnya adalah DNA, tapi pada banyak virus yang lainnya, termasuk virus penyebab AIDS, polio, dan flu, asam nukleatnya adalah pada RNA. Di virus RNA, RNA "baru" dibuat dengan cara menggandakan langsung RNA "lama" ataupun dengan cara lebih dulu membentuk potongan DNA pelengkap. mula-mula virus bakteriofage ditemukan oleh seorang ilmuwan Prancis yang bernama D'Herelle. Bentuk luarnya terdiri dari kepala yang berbentuk heksagonal, leher, dan ekor. Pada bagian dalam kepala mengandung dua p

Aturan Pakaian yang dipakai Untuk Kuliah

Apa saja sih standar pakaian yang dipakai untuk kuliah? Pakaian yang dipakai untuk kuliah adalah pakaian yang sopan, bebas juga rapi menurut kriteria universitas negeri ataupun swasta . Namun seperti apa pakaian yang sesuai kriteria tersebut? Kebanyakan, standar minimal pakaian yang boleh dikenakan untuk mengikuti kuliah bagi laki-laki adalah pakaian dengan baju berkerah bebas lengan panjang atau lengan pendek. Kemudian memakai celana panjang berbahan bebas, jeans, training ataupun lainnya. Untuk alas kaki yang dipakai adalah wajib memakai sepatu. Sepatu yang dipakai juga bebas boleh beragam warna, tidak harus pdl ataupun pdh. Biasanya pada setiap jurusan akan ada aturannya tersendiri. Style ala mahasiswa Style santai Style kalem Style cool abiss Siap ngojekin eneng deh :)   Pada setiap jurusan juga akan ada seragam khusus yang dipakai pada hari-hari tertentu. Terkadang harus memakai seragam khusus tersebut secara rapi yaitu dengan berdasi, baju dimasu