Posts

Showing posts from November, 2015

Mengintip Kesuksesan Kopma UGM

Image
Tentunya temen – temen yang baru lulus sma dan baru menjadi anak kuliahan pasti pengen ikut UKM kan? Apa itu UKM? Pasti kalian sudah tahu kan,.. kalau belum tahu ya bisa baca artikel saya yang sebelumnya. Salah satu yang digemari anak – anak yang suka berorganisasi atau suka berwirausaha biasanya mereka akan mengikuti kopma atau koperasi mahasiswa. Untuk kalian yang berdomisili di Yogyakarta saya anjurkan untuk mengikuti Kopma UGM. Mengapa begitu? Jika menurut pendapat saya pribadi, Kopma UGM mempunyai pengorganisasian yang bagus. Dimulai dari kopmart UGM, kafetaria, tempat pembuatan aneka pakaian seperti jas, korsa, kaos, sablonstiker dll. Kompa UGM mempunyai 4 divisi usaha,yaitu Swalayan, Kafetaria, Konveksi dan Sablonase, dan Warpostel. Dari usaha – usaha yang dimiliki koperasi UGM tersebut bisa menghasilkan omset milyaran rupiah. Prediksi omset dari koperasi UGM pada tahun ini diperkirakan sekitar 22 milyar rupiah. Dan tahukah kalian, siapa yang mengelola kopma ugm? Itu dari para…

Apa Aja Sih Makanan Darurat Anak Kos ketika Lapar?

Image
Lapar? Itulah yang selalu menjadi ganjalan bagi anak kos, hahaha. Lalu apa yang dilakukan anak kos ketika lapar? Apa yang dimakan anak kos ketika lapar dan itu adalah lapar darurat alias ketika bangun tidur tiba – tiba kelaparan dan itu terjadi ketika ditengah malam hari?? Hahaha mungkin kalian anak kos pernah merasakannya juga kan. Kebanyakan anak kos jarang memikirkan makan karena sibuknya kegiatan kuliah. Biasanya mereka akan sibuk memikirkan tugas hingga akhirnya tertidur dan tiba – tiba terbangun ditengah malam karena kelaparan. Lalu apa yang bisa dimakan? Inilah mungkin beberapa saran alternatif. Yang pertama, pastinya anak kos juga punya penanak nasi kan? Tentu saja itu dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran biaya konsumsi. Yang harus kalian lakukan adalah selalu siap sedia nasi matang.  Sudah bisakah kalian menanak nasi menggunakan alat penanak nasi? Tentu saja bisa, cobalah kalian menanak nasi satu gelas besar dan ditambah satu setengah sampai dua gelas air setiap harinya. N…

Kebanyakan Ikut UKM Bikin Boros Uang?

Image
Pernah kebayang nggak sih di benak kalian para mahasiswa atau anak – anak sma yang mau jadi mahasiswa kalau kita kebanyakan ikut Unit Kegiatan Mahasiswa itu bikin kantong kita semakin tipis? Kebanyakan dari temen – temen pasti pengen ikut banyak ukm kan biar aktif. Saking aktifnya lalu semua ukm diikutin. Nah itu yang bikin boros keuangan kita. Kenapa?
Yang pertama, sebagai anggota baru tentu saja kita pasti akan mengikuti makrab dari ukm tersebut. Untuk biaya pendaftarannya tergantung dari kebijakan ukm tersebut. Kedua, kita pasti akan diberi tugas membawa barang bawaan pribadi wajib dan barang bawaan untuk kelompok dan kita juga diberi tugasnya itu berupa clue, semisal snack singa alias leo kripik kentang trus kue bertenaga macan alias biskuat,  teh gambar kunci alias teh tang dan lain lain aneh pokoknya. Nah  keluar biaya lagi. Ketiga, pasti dalam sebuah ukm akan ada baju anggota atau korsa anggota, lagi – lagi kita akan membayar. Coba kita kalkulasi dari semua itu,. Semisal ada d…

Jual Beli Valas Halal apa Haram?

Image
Kita ketahui sekarang ini banyak yang melakukan jual beli valas (valuta asing). Dan bahkan banyak juga dari anak kuliahan yang memulai bisnis seperti ini, tapi apakah itu diperbolehkan didalam agama Islam? Bagaimana hukum jual beli valas?
Hukum jual beli valuta asing secara umum adalah mubah hukumnya tetapi dengan syarat harus tunai, yaitu melakukan transaksi langsung tanpa ditunda - tunda Dasar hukum valas: “Juallah emas dengan emas,perak dengan perak,gandum dengan gandum ,syair dengan syair, kurma dengan kurma, garam dengan garam (dengan syarat) harus sama sejenis serta secara tunai. Jika jenisnya berbeda, juallah sekehendakmu jika dilakukan secara tunai (HR.Muslim) Jadi harus secara tunai. Valas ini termasuk dalam akad sharf yaitu jual beli matauang asing secara tunai. Jenis transaksi valas Transaksi spot, yaitu pembelian dan penjualan valas yang jangka waktu pembayarannya maksimal dua hari, dan transaksi harus terjadi. Jual beli seperti ini tidak boleh jika tidak dilakukan secara tunai. …

Hari Guru, Menggugah Memori Masa Lalu

Image
uyee hari ini tanggal 25 november 2015 hari guruu! sudahkah kalian mengucapkannya?? hey anak kuliahan, apakah kalian masih mengingat nama - nama guru sma kalian atau guru smp atau bahkan gurumu sd? hahaha tentu saja kalian akan mengingat guru yang memberikan kesan mendalam bagi kalian. kebanyakan kesan mendalam akan diperolah untuk kalian yang mungkin terlalu aktif di organisasi sekolah dan sering mendapat sindiran karena jaran masuk di kelas. "anak osis sibuk terus ya mas? saya yang guru aja nggak merasa sibuk." nah itu mungkin beberapa sindiran bagi kalian yang sering aktif di organisasi kan ya dari guru - guru tercinta kalian. atau mungkin karena kalian juga terlalu pintar dalam suatu mata pelajaran (antonimnya, hahaha) sehingga sangat diperhatikan oleh guru karena kalian terlalu mengesalkan hahahaha. "Ayo mas diperhatikan, kamu ini nggak bisa matematika eh malah guyon. sudah kelas duabelas kamu ini lho mas" i miss that moment. Atau kalau enggak "Mas kok j…

Pengen Aman? Selektif Pilih Komunitas Keagamaan di Kuliahan!

Image
Baru – baru ini terjadi pengeboman di Prancis yang menewaskan sekitar seratus orang dan seratus lainnya mengalami luka. Bagaimana hal itu terjadi dan ulah siapa? Ya tentu saja karena kelompok garis keras masih banyak terbentuk dan tentu saja itu adalah ulah teroris. Kebanyakan dari para teroris tersebut terbentuk dari sebuah komunitas kecil, yaitu kebanyakan komunitas – komunitas keagamaan. Lalu bagaimana cara menghindarinya?
Jika kalian ingin mengikuti komunitas keagamaan cobalah bertanya – tanya kepada kepengurusan organisasi seperti BEM badan eksekutif mahasiswa karena mereka yang membawahinya. Di universitas terkadang komunitas – komunitas seperti itu tidak berdiri secara resmi dan tidak berada dibawah kepengurusan BEM. Saran saya jangan ikuti jika ada komunitas kerohanian yang seperti itu karena kita tidak tahu jelas siapa penanggungjawabnya dan atas dasar apa mereka dibentuk. Selanjutnya ketika kalian ingin mengikut komunitas keagamaan cobalah kalian selidiki dulu para anggota …

Bisnis Online di Waktu Senggang Kuliah

Image
Di era ini sekarang banyak temen - temen yang lagi kuliah sambil bisnis online. Bisnis online memang sangat menjanjikan jika kita tahu caranya. Bisnis online ini tergolong pekerjaan yang santai dan bisa dilakukan  kapanpun. Kita bisa melakukannya ketika ada waktu senggang daripada ngegame atau main - main keluyuran yang tidak penting. Maksudnya daripada kita terlalu banyak bermain ya lebih baik kita buka internet dan coba - coba untuk melakukan bisnis online yang mungkin malah bisa menjadi ladang rezeki kita.

Di Indonesia sudah banyak para pebisnis online yang sukses. Kebanyakan yang saya tahu, mereka melakukan bisnis selling soft. Selling soft adalah istilah berjual beli di dunia maya atau internet. Jadi mereka menjual produk - produk lewat internet seperti sosial media ataupun lewat kaskus dan jual beli online lainnya.
Selain itu, dari kebanyakan mereka yang sukses adalah para blogger. Para blogger berkarya membuat tulisan - tulisan asli karya mereka dan di post di blog mereka. Usa…

Akreditasi Penting Untuk Lamar Kerja

Image
ternyata akreditasi sebuah perguruan tinggi itu penting lho, baik akreditasi universitasnya maupun akreditasi fakultas dan jurusan. Akreditasi itu penting untuk melamar pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kita dan juga penting untuk mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (PNS).

dari yang saya tahu, Akreditasi jurusan universitas negeri untuk mendaftar sebagi calon pegawai negeri sipil itu minimal jurusannya terakreditasi "C" dan untuk universitas swasta minimal akreditasi jurusannya adalah "B" . Jadi Semisal kalian kuliah di universitas swasta yang masih terakreditasi "C" sebaiknya tunggu dulu hingga akreditasinya "B"

Akreditasi Universitas juga penting untuk kalian yang ingin mendaftar sebagai CPNS. Kalian harus kuliah di universitas yang mempunyai akreditasi minimal B untuk mendaftar sebagi cpns.

Salah satu tetangga di desa saya kuliah di universitas yang masih terakreditasi C dan sekarang ini ia sudah menyelesaikan kuliahnya. ia menga…

Saran Jurusan Kuliah Bagi yang Suka Berorganisasi

Image
Masa - masa sma memang membingungkan jika belum mempunyai tujuan yang jelas mau kuliah dimana dan mengambil jurusan apa. Kali ini saya akan membahas beberapa jurusan yang cocok untuk temen - temen yang di masa sma-nya suka berorganisasi atau kemungkinan juga tidak suka dengan matematika, wkwk sama seperti saya.

bagi kalian yang nggak suka matematika dan suka berorganisasi, mungkin kalian bisa mengambil jurusan seperti dibawah ini


Jurusan Manajemen
Jurusan Manajemen ini sangat diminati di Perguruan Tinggi Negeri maupun PTN swasta. Tahun ini saja, jurusan manajemen UGM sangat diminati dan menjadi jurusan populer, bisa dibaca di http://nasional.tempo.co/read/news/2015/03/17/079650554/Ini-Jurusan-UGM-Paling-Populer-dalam-SNMPTN-2015 .  Dengan peminat yang tinggi di berbagai PTN atau PTS bisa dikatakan bahwa Jurusan Manajemen memiliki Prospek yang bagus untuk masa depan. Dapat dikatakan juga bahwa jurusan manajemen ini adalah jurusan paling cocok bagi kalian yang suka berorganisasi dan tida…

Masalah Diksar Unit Kegiatan Mahasiswa

Image
Selamat pagi,  kali ini kita akan membahas tentang diksar UKM di Universitas. Udah menginjak bangku kuliah masa kita nggak ikut kegiatan apapun,. sangat disayangkan dongg.
UKM di universitas memang banyak ragamnya mulai ukm universitas maupun ukm fakultas, kita tinggal memilih mana yang cocok.

Setiap kita mengikuti sebuah UKM di universitas pasti akan ada pengenalan - pengenalan untuk menjadi anggota dan pelatihan dasar sebagai anggota. Biasanya agar para anggota suatu ukm tersebut mengerti tentang seluk beluk suatu ukm seperti kepengurusan dan lain - lain maka akan diadakan diksar atau kepanjangannya pendidikan dasar. Tujuan dilakukannya diksar ini juga untuk menerapkan orientasi dasar para anggotanya. Kegiatan diksar ini sangatlah menarik karena kita akan dilatih berorganisasi dalam ukm tersebut seperti kepengurusan dalam ukm juga untuk mempererat kekeluargaan. Diksar ini terkadang juga termasuk salah satu syarat untuk menjadi pengurus dalam sebuah ukm, jadi kalau kalian ingin menj…

Makan di Pinggir Jalan? SELEKTIF!!

Image
halo guys? kalian anak kuliahan ato anak - anak remaja sma yang sering jalan - jalan, pernah makan di angkringan atau warung pinggir jalan? So pasti pernah kan hhahaha. tapi pernah nggak kalian terkejut lantaran harganya itu lhooo.... Semisal kalian suatu hari lagi ajalan - jalan nih sama temen kalian di pinggir jalan makan, ginilah kalian per anak pesen nasi sama pecel lele satu porsi ditambah minum es teh, yah niatnya buat berhemat gitu kan.. jeng jeng jeng setelah beberapa saat kemudian kalian selesai makan dan kamu sendiri membayar makananmu itu. ternyata totalnya adalah 30 ribu??? whaatt?? 30 ribu? itu sama aja dua kali lipatnya bukan? biasanya itu kalo pecel lele satu porsi ditambah es teh itu 15ribuan lho, kadangnggak nyampe segitu malah. But, ya emang udah nasib sih biuat kalian nggak teliti. Kita kadang ngira kalo makan di pinggir jalan itu murah kan? hahahaha... ya memang sih sebenarnya makanan - makanan angkringan atau warung di pinggir jalan itu murah,hanya saja ada beber…

Rencana dan Analisis Syariah Usaha

Image
tugas kuliah saya rasa lebih santai dibanding tugas sekolah di awal - awal semester kuliah ini. Dibawah ini adalah tugas kuliah saya tentang apa yang akan kamu lakukan jika mempunyai uang 1 juta, 10 juta, 100 juta, dan 1 milyar pada tugas 1 dan tugas 2 yaitu analisis sebuah usaha apakah usaha tersebut sudah memenuhi syariah atau belum.. cekindutt......
TUGAS 1 Jika saya mempunyai dana :
aJika saya mempunyai uang senilai  Rp 1.000.000,00 Akan saya gunakan untuk : 1.Saya ifaqkan ke masjid Rp 100.000, Karena ibu saya pernah bilang, jika kita mendapat rezeki segeralah berbagi atau sedekah. 2.Untuk cadangan keperluan kuliah 200.000 3.Untuk beli paket internet 200.000 4.Cadangan pengeluaran lain 100.00 5.Ditabung 400.000
bJika saya mempunyai uang senilai Rp 10.000.000 maka yang akan saya lakukan adalah: 1.Akan saya sumbangkan kepada orang yang berhak menerima/kekurangan Rp 250.000,00 2.Syukuran kecil – kecilan bersama teman kontrakan saya senilai 250.000.000 3.Saya berikan kepada orang tua Rp 1.000.000,0…

Ekstrakulikuler di Universitas, Apakah Ada?

Image
Ekstrakulikuler di Universitas? ada nggak ya?
Tentu saja ada lebih banyak macam kegiatan ekstrakulikuler di kuliahan, hanya saja nama ekstrakulikuler di kuliahan itu nggak ada. Adanya UKM yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa yang hampir sama dengan ekstrakulikuler.

Lalu apa saja macam kegiatan UKM di Universitas ini?
Ada banyak macamnya seperti dalam bidang Olahraga: UKM basket, voli, baseball, tenis meja, sepak bola, futsal, badminton dll

ada juga kelompok english club, enterpreneur grup yang mengajarkan bagaimana kita berwirausaha, ada UKM bela diri, UKM keagamaan danmasih banyak lagi yang lainnya. ketika kalian masuk di kuliahan sewaktu kuliah perdana, biasanya kita akan diberi buku panduan yang isinya tentang UKM yang ada di universitas tersebut dan akan ada OR atau open recruitmentnya untuk menjadi anggota dari UKM tersebut.

Dalam ukm ada yang diseleksi dan ada yang langsung bisa masuk menjadi anggota, semisal ukm yang melakukan seleksi adalah paduan suara, ukm musik/band, ukm dakwah d…

Masuk Bangku Kuliah, Jangan Jadi INDIVIDUALIS

Image
kuliah adalah masa menuju kedewasaan dan kematangan jika dijalani dengan benar. Di bangku kuliah kita dituntutuntuk mandiri. Mulai memperhatikan sekitar, aktif dan penuh rasa ingin tahu akan apa yang akan kita pelajari. Kita tidak akan dituntun lagi seperti masa masa sd, smp dan sma, tetapi kita akan dibiarkan olehdosen. Kita yang dituntut untuk aktif sendiri untuk bertanya kepada dosen tentang apa yang dipelajari. Kebanyakan dosen tegas dalam memberikan nilai. Dosen tidak segan akan memberikan nilai jelek sepertii nilai c,d,e kepada mahasiswanya jika mereka melakukan hal yang tidak benar semisal menyontek.

Di bangku kuliah ini kita tidak boleh menjadi individualis. Kenapa? banyak kerugian yang akan kita dapat jika kita menjadi individualis karena di bangku kuliah kita dituntut untuk aktif agar memperoleh informasi yang banyak seputar pembelajaran kuliah.  Belajar, belajar, dan belajar? Jangan terlalu pusing belajar. Belajar secukupnya perhari namun kita juga harus aktif dalam berorg…

Kegiatan Pertama yang Dilakukan Ketika Kuliah

Image
Pernahkah terbayangkan bagaimana kuliah itu di benak teman - teman yang sekarang ini masih duduk di bangku smp atau sma? hahaha, tidak usah difikirkan, cukup kalian mengerti saja dan pahami ya. Mari kita bahas hal umum di bangku kuliah disini :D. Kuliah? Apasih kuliah itu? apaaaa?? wkwk alay. Temen - temen pasti sudah tau lah. Lantas apa kegiatan pertama kali ketika kita masuk kuliah? nah ini yang akan kita bahas pada tulisan kali ini.

Ketika pertama anda memulai kuliah, awalnya akan ada kegiatan yang disebut sebagai KULPER atau kuliah perdana di universitas yang berisi tentang pengenalan - pengenalan tentang ruang lingkungan universitas. Kemudian akan ada pengenalan - pengenalan dari jajaran struktur organisasi kepengurusan di universitas seperti pengenalan direktur/rektor, dekan, dosen yang kemudian akan ada pengenalan kepengurusan lembaga eksekutif mahasiswa (LEM), sebutannya di UII atau badan eksekutif mahasiswa (BEM) sebutannya di kebanyakan universitas negeri dimana LEM dan BEM…

Memahami Dosen Ketika Kuliah

Image
Pernahkah kalian teman - teman yang masih duduk di bangku smp atau sma membayangkan bagaiman kuliah itu? Saya akan membahas tentang dosen di kuliahan. Hal yang paling sering ditakuti di bangku kuliah adalah dosennya, bukan tugasnya karena kebanyakan dosen menilai mahasiswanya dengan caranya dan kemauannya sendiri. Oleh karena itu kita harus memahami dosen yang akan membimbing kita sewaktu kuliah. Setiap dosen mempunyai sifat masing - masing yang berbeda begitu pula cara penilain dalam pembelajaran kuliah.

Lantas sifat - sifat seperti apa sih yang dimiliki masing -masing dosen sehingga mempengaruhi penilain kita?
Yang pertama, dosen dengan sifat disiplin. Kebanyakan dosen dengan sifat disiplin dicirikan ia berdandan rapi seperti manajer dengan tatanan rapi. Biasanya ia akan menilai mahasiswanya dengan cara melihat kedatangannya, apakah dia sering telat atau tidak. Dosen seperti ini akan menghafal para mahasiswanya yang sering terlambat dan diberi pengurangan nilai. Kita juga bisa meli…