Skip to main content

Cara Untuk Hemat Listrik kos atau kontrakan

Gimana? Kuliah asik bukan? Hahaha. Memang pada kuliah memang menyenangkan, tapi jika tiba - tiba ketika kalian ngekos atau kontrak dan ditagih oleh ibuk kos atau kontrakan tentang membengkaknya tagihan listrik bagaimana rasanya?
Anak kuliahan yang ngekos ataupun kontrak terkadang kurang memperhatikan alat - alat yang membutuhkan listrik.
Oleh karena itu sekarang kalian anak kuliah yang lagi kos, kontrak harap memperhatikan ini jika biaya listrik kalian di kos atau kontrakan itu bayar sendiri dan agar irit biaya listrik.

Yang pertama jika kalian kontrak, harap tanyakan apakah kontrakan kalian ini mendapatkan subsidi listrik atau tidak. Jika kontrakan kalian tidak mendapatkan subsidi listrik maka biaya listrik kalian akan lebih mahal. Jika hal ini terjadi, untuk menghemat keuangan kalian maka berhematlah dengan memperhatikan cara menghemat listrik yang akan dibahas dibawah ini.

Jika kos, terkadang satu aliran listrik dengan sepedo meter akan digunakan empat kamar atau lebih dan kalian akan membayar listrik secara kolektif. Saya sarankan jika kalian ngekos maka sebaiknya yang sudah satu paket dengan biaya listrik.

Cara untuk menghemat listrik
1. Hal pertama yang paling memboroskan banyak listriik adalah dispenser. Hematlah dispenser anda karena dispenser akan menghabiskan banyak listrik terutama dispenser yang ada air hangat dan air dinginnya. Gunakanlah seperlunya. Jika akan ditinggal pergi maka segera matikanlah dispenser anda. Atau jika kalian ingin berhemat maka jangan gunakan dispenser anda. Cukup gunakan dispenser tanpa aliran listrik. Untuk air panas sebaiknya kalian menggunakan kompor saja karena akan jauh lebih irit jika kalian hanya butuh air hangat. Jika tidak ingin lama memasak air semisal mau membuat kopi, maka masaklah air satu gelas saja. Jika kalian butuh air dingin maka nyalakanlah dispenser dan kemudian matikan jika sudah tidak dibutuhkan.

2. Kemudian menghemat listrik jika menanak nasi dari alat penanak nasi listrik. Biasanya kalian akan menanak nasi dengan air biasa yang dingin. Untuk menghemat listrik maka kalian bisa langsung menggunakan air panas yaitu dengan cara memasak air dulu menggunakan kompor. Ini akan jauh lebih hemat. Setelah air mendidih maka segeralah campur di wadah beras dan segara masukkan kedalam alat penanak nasi. Cara seperti ini juga mempunyai manfaat untuk mempercepat nasi menjadi matang.

3. Selanjutnya copotlah stopkontak yang tidak digunakan dari colokan listrik seperti charger laptop dan hp ataupun kipas angin.

Comments

Popular posts from this blog

Tata Penulisan (Lettering) Pada Peta

Seperti apasih Tata Penulisan (Lettering) yang benar dalam peta itu? Pada peta juga terdapat aturan-aturan dalam cara penulisan pada suatu objek-objek geografi. Setidak-tidaknya disini Terdapat empat aturan penulisan dalam peta yang harus kita patuhi, lihatlah pada (Gambar 1.12). Dibawah ini adalah beberapa aturan atau tanda untuk penulisan nama - nama suatu objek dalam peta 1) pada nama-nama ibu kota, negara, benua, dan pegunungan itu haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kapital tegak. 2) untuk nama-nama samudra, nama teluk yang luas, laut, dan nama selat yang luas, maka harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital miring. 3) untuk nama-nama kota kecil dan gunung haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kecil tegak. Pada awal nama kota dan gunung ditulis dengan huruf besar. 4) sedangkan untuk nama-nama perairan seperti sungai, danau, selat yang sempit, dan nama teluk yang sempit juga haruslah ditulis dengan huruf kecil miring. Itulah beberapa aturan penamaa

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya a. Virus bakteri (bakteriofage) Bakteriofage adalah jenis virus yang menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyerbu bakteri. Dibandingkan dengan kebanyakan virus lainnya, ia sangatkompleks dan mempunyai beberapa bagian berbeda yang telah diatur secara cermat. Semua jenis virus memiliki asam nukleat, yaitu pembawa gen yang diperlukan untuk menghimpun salinan-salinan virus di dalam sel makhluk hidup. Pada virus T4 asam nukleatnya adalah DNA, tapi pada banyak virus yang lainnya, termasuk virus penyebab AIDS, polio, dan flu, asam nukleatnya adalah pada RNA. Di virus RNA, RNA "baru" dibuat dengan cara menggandakan langsung RNA "lama" ataupun dengan cara lebih dulu membentuk potongan DNA pelengkap. mula-mula virus bakteriofage ditemukan oleh seorang ilmuwan Prancis yang bernama D'Herelle. Bentuk luarnya terdiri dari kepala yang berbentuk heksagonal, leher, dan ekor. Pada bagian dalam kepala mengandung dua p

Aturan Pakaian yang dipakai Untuk Kuliah

Apa saja sih standar pakaian yang dipakai untuk kuliah? Pakaian yang dipakai untuk kuliah adalah pakaian yang sopan, bebas juga rapi menurut kriteria universitas negeri ataupun swasta . Namun seperti apa pakaian yang sesuai kriteria tersebut? Kebanyakan, standar minimal pakaian yang boleh dikenakan untuk mengikuti kuliah bagi laki-laki adalah pakaian dengan baju berkerah bebas lengan panjang atau lengan pendek. Kemudian memakai celana panjang berbahan bebas, jeans, training ataupun lainnya. Untuk alas kaki yang dipakai adalah wajib memakai sepatu. Sepatu yang dipakai juga bebas boleh beragam warna, tidak harus pdl ataupun pdh. Biasanya pada setiap jurusan akan ada aturannya tersendiri. Style ala mahasiswa Style santai Style kalem Style cool abiss Siap ngojekin eneng deh :)   Pada setiap jurusan juga akan ada seragam khusus yang dipakai pada hari-hari tertentu. Terkadang harus memakai seragam khusus tersebut secara rapi yaitu dengan berdasi, baju dimasu