Skip to main content

Kuliah di Jurusan Rekam Medis UGM

Jurusan Rekam medis berada di Fakultas Vokasi UGM. Jurusan rekam medis  mempelajari tentang rekam data - data medis dari pasien. Jika pada praktiknya, data medis tersebut didapatkan dari dokter. Nah data dari dokter tersebut adalah yang dinamakan data rekam medis. Data tersebut kemudian diolah oleh tim rekam medis melalui berbagai proses assembling, koding, indexing, failing. Assembling adalah proses pengurutan dokumen rekam medis dan juga mengecek kelengkapan berkas tersebut.
Koding mengkode diaknosis penyakit maupun tindakan lanjutan. Pada koding ini juga ada istilah lain seperti eksternal cause yaitu penyakit yang disebabkan oleh penyakit dari luar seperti kecelakaan, kebakaran, terjatuh, dll. Sedangkan failing adalah penyimpanan berkas setelah selesai memeriksa data - data yang disimpan dalam loker yang sudah bertanda. Kemudian data - data tersebut akan dikirim ke poly yang sesuai dengan diagnosa pasien. Contoh poly adalah seperti bagian THT, poly Gizi, poli anak, dsb.

Jika secara khusus, dalam perkuliahan jurusan rekam medis mempelajari tentang terminologi medis dengan mata kuliah terminologi medis, klasifikasi dan kodefikasi penyakit, manajemen informasi kesehatan, sistem informasi rekam medis dan informasi kesehatan, teknologi informasi di sarana kesehatan. Untuk mata kuliah lainnya hampir mirip seperti yang lain seperti agama, pkn, dll.

Apa makul paling susah jurusan rekam medis UGM?
Dalam rekam medis mata kuliah yang dominan adalah hafalan. Namun bukan sekedar dihafalkan, tetapi juga harus di pahami. Mungkin pada mata kuliah klasifikasi dan kodefikasi  pembutuhkan hafalan yang lebih karena teorinya cukup banyak dan rumit.

Mata Kuliah Praktik Jurusan Rekam Medis
Di jurusan ini ada mata kuliah praktik seperti mata kuliah bio statistik, mata kukiah klasifikasi dan kodefikasi masalah penyakit terkait, praktik SRMIK (sistem rekam medis dan informasi kesehatan). Praktik rekam medis ini cukup mudah jika kita sudah membaca buku-buku tentang praktik tersebut.

Bagaiman prospek kerja rekam medis ugm?
Untuk saat ini masih banyak rumah sakit  atau puskesmas yang kekurangan tenaga rekam medis. Dan juga, setiap rumah sakit wajib memiliki tenaga rekam medis. Terutama jika diluar kota, tenaga rekam medis masih sangat kekurangan. Di UGM sendiri biasanya akan direkrut oleh RS. Sardjito UGM. 


Kegunaan rekam medis ini bisa kita dilihat dari beberapa aspek, agar kita mudah dalam mengingat kegunaan rekam medis maka kita bisa memanfaatkan singkatan ALFRED, yaitu :
1. Kegunaan rekam medis dalam Administrasi / administration
Berarti suatu berkas rekam medis ini mempunyai nilai administrasi, dikarenan isi berkas tersebut menyangkut tindakan berdasarkan wewenang dan tanggung jawab sebagai tenaga medis dan paramedic untuk mencapai tujuan dalam pelayanan kesehatan.
2.  Kegunaan rekam medis Legal
Ini berarti berkas rekam medis mempunyai suatu nilai hukum, isi berkas tersebut dapat diperkuat dengan sumber - sumber hukum yang telah berlaku di Indonesia.
3.   Kegunaan rekam medis sebagai Finance
Berarti berkas rekam medis tersebut mempunyai nilai keuangan karena isi berkas bisa dijadikan untuk menentukan dan menetapkan biaya pembayaran layanan pada suatu fasilitas pelayanan kesehatan. Jika tidak ada bukti catatan tindakan/pelayanan yang dikeluarkan dari berkas rekam medis tersebut, maka pembayaran tidak dapat dipertanggungjawabkan. Seperti itulah manfaat rekam medis sebagai finance.
4.   Kegunaan rekam medis sebagai Riset
Yang berarti dalam berkas rekam medis terdapat suatu nilai penelitian, isi berkas rekam medis tersebut mengandung data atau informasi yang bisa kita gunakan sebagai aspek penelitian juga pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang kesehatan.


5.  Kegunaan rekam medis sebagai Edukasi / Education
Dalam berkas rekam medis terdapat nilai pendidikan, dikarenakan isi berkas rekam medis tersebut menyangkut data atau informasi tentang pengembangan kronologis dari suatu kegiatan pelayanan rekam medis dari suatu pendataan dari dokter dan tim rekam medis yang diberikan kepada pasien. Infromasi hasil rekam medis tersebut bisa digunakan sebagai bahan pengajaran.


Baca juga
Klik : Biaya Kuliah SV (Sekolah Vokasi D3) UGM

6.   Kegunaan rekam medis sebagai Documentation / Dokumentasi
Berarti berkas rekam medis mempunyai nilai dokumentasi dari data - data yang diperoleh, karena isi data dokumentasi menjadi sumber ingatan yang memang harus didokumentasikan dan dipakai untuk bahan pertanggungjawaban dan laporan oleh pihak rumah sakit.
Semoga bermanfaat ya :). /YNH/ugm2015

Tanya jawab, follow instagram @yoganurh

Persembahan dari :
Tim kukau bersama viapendaki,
Tanya jawab bersama kami di ig official @mountnesia / fb @lintas.ilmu

Comments

  1. bagaimana dengan siswa yang belum dan terlambat sekolah nya mendaftarkan sekolahnya pada alamat PDSS

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tata Penulisan (Lettering) Pada Peta

Seperti apasih Tata Penulisan (Lettering) yang benar dalam peta itu? Pada peta juga terdapat aturan-aturan dalam cara penulisan pada suatu objek-objek geografi. Setidak-tidaknya disini Terdapat empat aturan penulisan dalam peta yang harus kita patuhi, lihatlah pada (Gambar 1.12). Dibawah ini adalah beberapa aturan atau tanda untuk penulisan nama - nama suatu objek dalam peta 1) pada nama-nama ibu kota, negara, benua, dan pegunungan itu haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kapital tegak. 2) untuk nama-nama samudra, nama teluk yang luas, laut, dan nama selat yang luas, maka harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital miring. 3) untuk nama-nama kota kecil dan gunung haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kecil tegak. Pada awal nama kota dan gunung ditulis dengan huruf besar. 4) sedangkan untuk nama-nama perairan seperti sungai, danau, selat yang sempit, dan nama teluk yang sempit juga haruslah ditulis dengan huruf kecil miring. Itulah beberapa aturan penamaa

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya a. Virus bakteri (bakteriofage) Bakteriofage adalah jenis virus yang menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyerbu bakteri. Dibandingkan dengan kebanyakan virus lainnya, ia sangatkompleks dan mempunyai beberapa bagian berbeda yang telah diatur secara cermat. Semua jenis virus memiliki asam nukleat, yaitu pembawa gen yang diperlukan untuk menghimpun salinan-salinan virus di dalam sel makhluk hidup. Pada virus T4 asam nukleatnya adalah DNA, tapi pada banyak virus yang lainnya, termasuk virus penyebab AIDS, polio, dan flu, asam nukleatnya adalah pada RNA. Di virus RNA, RNA "baru" dibuat dengan cara menggandakan langsung RNA "lama" ataupun dengan cara lebih dulu membentuk potongan DNA pelengkap. mula-mula virus bakteriofage ditemukan oleh seorang ilmuwan Prancis yang bernama D'Herelle. Bentuk luarnya terdiri dari kepala yang berbentuk heksagonal, leher, dan ekor. Pada bagian dalam kepala mengandung dua p

Aturan Pakaian yang dipakai Untuk Kuliah

Apa saja sih standar pakaian yang dipakai untuk kuliah? Pakaian yang dipakai untuk kuliah adalah pakaian yang sopan, bebas juga rapi menurut kriteria universitas negeri ataupun swasta . Namun seperti apa pakaian yang sesuai kriteria tersebut? Kebanyakan, standar minimal pakaian yang boleh dikenakan untuk mengikuti kuliah bagi laki-laki adalah pakaian dengan baju berkerah bebas lengan panjang atau lengan pendek. Kemudian memakai celana panjang berbahan bebas, jeans, training ataupun lainnya. Untuk alas kaki yang dipakai adalah wajib memakai sepatu. Sepatu yang dipakai juga bebas boleh beragam warna, tidak harus pdl ataupun pdh. Biasanya pada setiap jurusan akan ada aturannya tersendiri. Style ala mahasiswa Style santai Style kalem Style cool abiss Siap ngojekin eneng deh :)   Pada setiap jurusan juga akan ada seragam khusus yang dipakai pada hari-hari tertentu. Terkadang harus memakai seragam khusus tersebut secara rapi yaitu dengan berdasi, baju dimasu