Skip to main content

7 Cara Mencegah Stres Saat Kuliah

Agar kuliah tetap berjalan lancar, maka kita perlu menghadapi dan mencegah masalah yang membuat kita stres.
Biasanya yang membuat stres di kuliahan adalah
1. Kuis
2. Uts
3. Uas
4. Biaya kuliah
5. Tugas

Lalu bagaimana cara mencegah stres saat kuliah?
Cara mencegah stres yang pertama adalah dengan cara menyusun jadwal dan kegiatan kuliah kalian. Jangan sampai ada yang tercecer. Biasanya, hal - hal mendadak yang mengejutkan akan membuat kita stres. Semisal kita lupa tidak memperhatikan jadwal kuliah dan hari itu ada kuis. Kita belum siap kuis dan akhirnya pusing karena belum belajar.

Banyak bertanya
Kalian harus up to date atau selalu lebih tahu tentang informasi - informasi baru. Seperti informasi ada kuliah pengganti atau lainnya. Kita bisa melihat informasi tersebut di grup kelas kuliah ataupun bertanya kepada teman.

Siapkan materi belajar
Selalu siapkan materi yang akan dosen ajarkan sebelum kuliah. Kita bisa membaca - bacanya terlebih dahulu. Jika sudah mengerti materinya sebelum kuliah, biasanya kita akan lebih tahu dan tidak bingung saat kuliah. Bingung ini dapat menyebabkan stres.

Segera selesaikan tugas
Jika ada tugas kuliah, maka segera kerjakanlah dan jangan ditunda. Mengerjakan tugas secara mendadak akan menghasilkan hasil yang buruk dan terkadang malah tidak selesai. Ini akan menghabiskan tenaga kita.

Persiapkan menghadapi uts dan uas di kuliah
Ini penting. Kita harus memahami materi uts dan uas. Jika nilai kita jelek, biasanya kita akan stress. Oleh karena itu, agar tidak stres, cobalah belajar dan kuasai materi uas dan uts tersebut.

Siapkan biaya
Terkadang biaya kuliah menjadi masalah rumit yang membuat stres karena mahal.  Maka kalian perlu melihat jadwal pembayaran. Siapkanlah tabungan atau simpanan untuk membayar kuliah. Jangan mendadak.

Pencegahan pusing
Biasanya saat stres, kita akan sakit kepala. Sebelum terjadi, maka segerakanlah beristirahat dan mencoba tidak memikirkan masalah yang membuatmu bingung dan merasa tertekan.

Itulah 7 cara mencegah stres saat kuliah. Semoga bermanfaat untuk kita.

Comments

Popular posts from this blog

Tata Penulisan (Lettering) Pada Peta

Seperti apasih Tata Penulisan (Lettering) yang benar dalam peta itu? Pada peta juga terdapat aturan-aturan dalam cara penulisan pada suatu objek-objek geografi. Setidak-tidaknya disini Terdapat empat aturan penulisan dalam peta yang harus kita patuhi, lihatlah pada (Gambar 1.12). Dibawah ini adalah beberapa aturan atau tanda untuk penulisan nama - nama suatu objek dalam peta 1) pada nama-nama ibu kota, negara, benua, dan pegunungan itu haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kapital tegak. 2) untuk nama-nama samudra, nama teluk yang luas, laut, dan nama selat yang luas, maka harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital miring. 3) untuk nama-nama kota kecil dan gunung haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kecil tegak. Pada awal nama kota dan gunung ditulis dengan huruf besar. 4) sedangkan untuk nama-nama perairan seperti sungai, danau, selat yang sempit, dan nama teluk yang sempit juga haruslah ditulis dengan huruf kecil miring. Itulah beberapa aturan penamaa

Aturan Pakaian yang dipakai Untuk Kuliah

Apa saja sih standar pakaian yang dipakai untuk kuliah? Pakaian yang dipakai untuk kuliah adalah pakaian yang sopan, bebas juga rapi menurut kriteria universitas negeri ataupun swasta . Namun seperti apa pakaian yang sesuai kriteria tersebut? Kebanyakan, standar minimal pakaian yang boleh dikenakan untuk mengikuti kuliah bagi laki-laki adalah pakaian dengan baju berkerah bebas lengan panjang atau lengan pendek. Kemudian memakai celana panjang berbahan bebas, jeans, training ataupun lainnya. Untuk alas kaki yang dipakai adalah wajib memakai sepatu. Sepatu yang dipakai juga bebas boleh beragam warna, tidak harus pdl ataupun pdh. Biasanya pada setiap jurusan akan ada aturannya tersendiri. Style ala mahasiswa Style santai Style kalem Style cool abiss Siap ngojekin eneng deh :)   Pada setiap jurusan juga akan ada seragam khusus yang dipakai pada hari-hari tertentu. Terkadang harus memakai seragam khusus tersebut secara rapi yaitu dengan berdasi, baju dimasu

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya a. Virus bakteri (bakteriofage) Bakteriofage adalah jenis virus yang menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyerbu bakteri. Dibandingkan dengan kebanyakan virus lainnya, ia sangatkompleks dan mempunyai beberapa bagian berbeda yang telah diatur secara cermat. Semua jenis virus memiliki asam nukleat, yaitu pembawa gen yang diperlukan untuk menghimpun salinan-salinan virus di dalam sel makhluk hidup. Pada virus T4 asam nukleatnya adalah DNA, tapi pada banyak virus yang lainnya, termasuk virus penyebab AIDS, polio, dan flu, asam nukleatnya adalah pada RNA. Di virus RNA, RNA "baru" dibuat dengan cara menggandakan langsung RNA "lama" ataupun dengan cara lebih dulu membentuk potongan DNA pelengkap. mula-mula virus bakteriofage ditemukan oleh seorang ilmuwan Prancis yang bernama D'Herelle. Bentuk luarnya terdiri dari kepala yang berbentuk heksagonal, leher, dan ekor. Pada bagian dalam kepala mengandung dua p