Pelajaran Diagnosa Penyakit Jurusan Kedokteran

Pernahkah teman - teman sakit dan kemudian melakukan cek ke dokter? Setelah sampai di tempat dokter, kemudian kalian menceritakan keluhan kalian semisal pusing, hidung meler, badan panas dan merasa dingin. Dokter kemudian mencoba memeriksa apa yang terjadi menggunakan alat medis. Ya hal seperti itu yang bisa kita sebut pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosa. Diagnosa sendiri terdapat 3 jenis yaitu, diagnosa aktual, diagnosa penyakit beresiko tinggi, dan diagnosa sindrom.

Kapan kita mendapatkan pembelajaran kuliah tentang diagnosa penyakit, di jurusan kedokteran?

Sebelumnya diagnosa penyakit itu apa sih? Berdasarkan sumber dari kanalsehat.com, diagnosa yang umum biasa kita ketahui adalah suatu hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter atau tim medis tentang kondisi keadaan badan seseorang. Sebenarnya hal ini agak salah tapi tidak bisa disalahkan juga. Makna diagnosa adalah hasil dari telaah dokter tentang kondisi tubuh kita ketika kita melakukan pemeriksaan. Diagnosa ini diperkuat dengan pemeriksaan dokter seperti pemeriksaan tensi darah kita dan sebagainya. 

Pada perkuliahan jurusan kedokteran, menurut salah satu teman kami yang kuliah di jurusan kedokteran di salah satu universitas negeri terkemuka di Indonesia, pembelajaran tentang diagnosa penyakit ini belum ia dapatkan pada semester 1 dan semester 2. 

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP