Makul umum jurusan Akuntansi

Apa saja makul (mata kuliah) umum yang ada di jurusan akuntansi?
Baik jurusan akuntansi ataupun jurusan d3 akuntansi mempunyai mata kuliah umum. Mata kuliah tersebut biasanya adalah makul agama, pkn / pancasila dan bahasa inggris.


Lalu apa saja yang dipelajari di ketiga makul tersebut?

Pada makul agama yang dipelajari adalah hampir mirip dengan pelajaran di saat kita sma ataupun smp.  Bedanya, pada pembelajaran agama, kita lebih diterapkan pada pola pemikiran kita. Bagaimana cara kita menyelesaikan permasalahan tentang agama tersebut. 
Jika pada makul agama Islam mempelajari tentang akhlak, iman, dan ibadah. Ada shalat, puasa, zakat, haji, macam sunnah, dll

Pada makul pkn / pancasila juga sama dengan pembelajaran sewaktu sekolah, hanya saja yang dipelajari lebih detail. Pada semester 1, biasanya akan membahas tentanh pancasila, mulai dari sejarah, manfaat pancasila, tujuan pancasila hingga kaitannya dengan masa modern ini. Untuk semester 2 biasanya membahas tentang kewarganegaraan seperti wamil / wajib militer, sejarah era pemerintahan orde lama hingga era sekarang.

Pada makul bahasa inggris, disini kita akan mempelajari lebih banyak praktek seperti speaking. Pembelajaran bahasa inggris ini sangatlah penting karena sekarang kita telah menghadapi MEA, jadi makul ini sangat tepat diterapkan di jurusan ini. Makul bahasa inggris ini biasanya hanya sampai di semester 2 saja, yaitu bahasa inggris I pada semester 1 dan bahasa inggris II pada semester 2, setelah itu tidak ada makul bahasa inggris lagi. Begitu pula makul pkn dan agama hanya sampai beberapa semester tertentu saja. 

Itulah beberapa makul umum di jurusan akuntansi. Untuk pembelajaran perkuliahan ada makul umum tersebut tergantung dosen. Ada yang cuma mendengarkan saja, ada yang memberi tugas. Ada dosen yang murah nilai, ada juga yang susah nilainya.





Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP