Kuliah Jurusan Psikologi, Pengalaman, Makul, Prospek



Jurusan Psikologi mlajarin apa sih?

Agak complicated sih. Kalo diliat dari kata psikologi, artinya Ilmu Jiwa. Jadi mempelajari jiwa. Mempelajari jiwa manusia yang juga termasuk di dalamnya ada unsur kepribadian seseorang. Tujuan pembelajaran psikologi adalah untuk memahami manusia, bukan hanya kepribadiannya saja.


Makulnya gimana?
Kebanyakan hafalan.

Makul yang hitung hitungan di jurusan Psikologi ada?
Ada matkul pengumpulan data kuantitatif, kualitatif, statistika

Susah nggak hafalan?
Kalau suka ya nggak susah, tapi kadang yang membuat susah itu karena hafalan tentang teori - teori yang hampir mirip dari tokoh - tokohnya.

Kalau menurutmu ada makul yang asik ngga?
Ada, psikologi abnormal. Asik aja ternyata banyak banget gangguan kepribadian yang ternyata kita lihat itu normal - normal aja, tetapi ternyata juga termasuk gangguan.

Di kelas Perbandingan cowo dan cewenya gimana?
Biasanya cwe lebih banyak. Cowo dikelas aku cuma 8 sih.


Katanya bisa liat kepribadian seseorang dari tulisan, chat sms gitu ya? Emang gimana itu?

Itu diluar psikologi.


Kata anak psikolog itu sering dikasih sebuah permasalahan trus suruh nyari penyelesainnya, katanya rumit gitu. Gimana emang itu?

rumit juga buat jelasinnya. Soalnya panjang kalau dijelasin. Ya kita perlu belajar filsafat dulu.
Ada tahapan tahapannya dalam penyelesaiannya. Ya sebenarnya tahapannya sama kaya nyelesaiin masalah, sama kaya jurusan lain. Cuma disini beda teorinya. Kalo jelasin teori sama metode mah panjang kaya bikin makalah dong.


Trus gimana caranya psikologi itu bisa memahami manusia? 
Mangkannya kuliah psikologi ajaaa.. Complicated kalo dijelasin itu. Bisa bisa bikin makalah disini. Psikologi gak bisa dijelasin hanya dengan satu kalimat.

Kalau point - pointnya bisa dijelasin? Atau mungkiin... Mesti harus pahamin makul - makulnya ya biar bisa memahami jiwa manusia?

Nahhh!! Itu dia.

Baca juga
Klik : Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Hasil wawancara dengan salah satu mahasiswa Jurusan Psikologi angkatan 2015.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP