Pengalaman Kuliah Jurusan Fisioterapi, Prospek, Makul

Fisioterapi melajarin tentang apa aja sih?

Fisioterapi sendiri adalah ilmu yang menitikberatkan pada memperbaiki atau menstabilkan suatu gangguan fungsi alat gerak atau fungsi tubuh yang terganggu yang kemudian diikuti dengan proses atau metode terapi gerak.
Yang dipelajari seperti seperti terapi buat anak anak, terapi pasca stroke, terapi pasca operasi dll. Selain itu juga dipelajari pula tentang penanganan berupa macam - macam gangguan yang terjadi pada alat gerak baik dengan menggunakan alat (praktik) dan juga tanpa menggunakan alat.

Fungsi fisioterapi ini apa?
Buat meningkatkan lagi fungsi gerak tubuh.

Matkulnya apa aja?
Untuk mata kuliahnya ada anatomi, fisiologi, fisioterapi kardio, fisioterapi pediatri, fisioterapi respirasi dan masih banyak lagi.

Ada makul hitung - hitungan?
Sepertinya ada, tapi belum ada sampai di semester 4. Biostatistika apa ya kayanya.

Jurusan fisioterapi banyak prakteknya nggak sih?
Banyak, hampir 50% itu praktek. Hampir setiap hari kita melakukan kuliah praktek. Kalau praktek di kampus. Kegiatan praktik ini menjadi sangat penting selama kita mengikuti kuliah.
Ini agar penanganan yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Ada operasi gitu nggak?
Di jurusan fisioterapi ini tidak ada praktek bedah.



Apa prospek kerja jurusan fisioterapi?
Jadi tukang fisioterapi,  kerja di klinik atau klub olahraga, di tempat spa.
kalau di klub olah raga kita bisa membuat program latihan yang benar sesuai kesehatan. Atau juga saat penanganan cedera, tim fisioterapi dibutuhkan, selain dokter spesialis,
Kita jiga bisa membuka klinik fisioterapi mandiri


  • Konsultan kebugaran. Alumni fisioterapi bisa bekerja sebagai konsultan kebugaran seperti di sanggar senam, klub olah raga (terutama sepak bola), juga pada sekolah atlit cabang olah raga tertentu. Atau kalian juga dapat menjual alat-alat terapi.



  • Membuka klinik fisioterapi mandiri dapat dilakukan oleh para alumni fisioterapi. Klinik bisa memberi pelayanan untuk penanganan pasca trauma akibat kecelakaan, memberi pelatihan untuk pengobatan pada penderita stroke, pasca operasi, dll


  • Pilihan untuk membuka klinik fisioterapi mandiri dapat dilakukan jika kalian lebih berminat untuk menjadi wirausaha dari pada menjadi pegawai ataupun seorang karyawan. Kita dapat melakukan kerja sama dengan para dokter yang membuka praktik dirumah ataupun rumah sakit di sekitar yang paling dekat dengan tempat kalian untuk menerima rujukan pengobatan lanjutan atau pengobatan pelengkap dari mereka. Atau juga, ada peluang yang masih terbuka lebar, ialah layanan Baby Spa. Sasarannya adalah untuk ibu-ibu yang punya bayi anak kecil ataupun bayi. selain itu, untuk persaingan juga masih longgar karena baby spa masih jarang di kebanyakan daerah.




Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP