Pengalaman Kuliah Jurusan Perikanan UGM

Kaya gimana ya kuliah jurusan perikanan UGM? Kali ini tim kukau bertanya kepada salah satu rekan yang kuliah di jurusan perikanan UGM angkatan 2015.

Bagaimana pengalaman kuliah di jurusan Perikanan UGM?
Menurutnya, kuliah di jurusan perikanan UGM ini sangatlah asik. Ia bisa memperoleh pendidikan tentang budidaya ikan, bukan hanya ikan, tetapi ya jenis - jenis hewan air lainnya seperti udang dll. Ini cocok buat kalian yang gemar budidaya tentang perikanan. Ini akan membawa peluang usaha perikanan yang sangat bagus.

Mata Kuliah Jurusan Perikanan UGM apa aja?
Mikrobiologi, struktur ikaan, oseanografi, kimia organik, pengolahan ikan, statistika, matematika dan masih banyak lainnya lagi.

Apa ada hitungan?
Sudah lihat matematika sama statistika? Ya, itulah hitung - hitunyannya. Apakah susah?
Kalau kamu belajar ya nggak susah. Yang bikin susah itu kalau malas brlajar dan nggak mau tahu.

Apa Makul Paling Susah selama semester 1 dan 2?
Mata kuliah paling susah itu matematika, kimia organik, sama mikrobiologi.

Matematika susah kenapa?
Ada integral tetapi hitungannya lebih rumit lagi ketimbang SMA dulu.

Kalau yang kimia?
Bingungnya kalau bahas alakana, alkena, cis, trans gitulah. Namun lebih susah dan rumit.

Kalau yang Mikrobiologi susahnya gimana?
Susah bikin laporannya. Kita juga perlu baca jurnal. Kamu bener - bener liat bakteri dan ngekultur bakterinya pake jarum ose sama inokulasi di sterilin gitulah. Besok kalian tahu sendiri ^.^
Tujuan makul ini supaya bisa mengalasis penyakit ikan dari bakteri apa gitu


Apa Makul yang Paling Asik Menurutmu?
Iktiologi, bedah ikan. Ini untuk melihat anatomi tubuh ikan.


Bagaimana dengan kelasnya?
Kelas di jurusan perikanan ini terdiri dari 4 kelas. Rata - rata setiap kelasnya ada 30-an mahasiswa. Jadi, suasana kelas masih kondusif seperti saat SMA dulu.


Mayoritas orang mana?
Orang lampung sih juga banyak.


Apa Asiknya Kuliah di Jurusan Perikanan?
Asiknya itu kita bisa melakukan kunjungan - kunjungan berupa pembelajaran luar kelas / outdoor class. Kemarin selama semester 2 sudah mengunjungi tambak, tempat pengolahan dll. Kemarin sudah ke tambak udang, pelabuhan perikanan, sama tempat pengolahan udang yang di ekspor ke jepang. Itu di daerah Cilacap.
Kunjungan - kunjungan seperti itu akan membuka pemikiran jiwa kewirausahaan kita. Karena termotivasi oleh besarnya dan pengorganisasian usaha tersebut.


Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Perikanan?
Kita bisa menjadi wirausahawan di bidang perikanan. Petani ikan hias, udang, tambak, belut, dll. Perikanan masih menjadi peluang yang sangat bagus.
Juga bisa bekerja di bidang konservasi laut, biasanya jadi PNS. Atau kerja di dinas perikanan. Buat yang mau jadi menteri perikanan bisa juga, tapi perlu kerja keras pastinya.

Jurusan Perikanan UGM ini rencananya akan menjadi fakultas perikanan sendiri. Karena sampai sekarang masih dalam proses, jadi masih ikut fakultas pertanian.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP