Skip to main content

Komponen / Unsur Kelengkapan Peta


Ada 8, 10 atau 14 komponen kelengkapan peta?

Berikut penjelasan lengkap tentang Komponen / Unsur Kelengkapan Peta. Sebuah peta dikategorikan ideal apabila memenuhi komponen - komponen dan menggunakan unsur yang lengkap seperti dibawah ini.

1. Judul Peta 
Judul peta adalah sebuah komponen yang sangat penting dalam peta. Apabila pada sebuah peta berjudul Peta Persebaran Barang Tambang di Indonesia, dapat dipastikan isi petanya ialah berupa persebaran barang tambang di Indonesia.

2. Garis Tepi Peta (Border) 
Garis tepi ini adalah garis pembatas peta yang mengelilingi peta,
berguna dalam membantu saat menggambar pulau, kota, ataupun pada wilayah yang dimaksud tepat ditengah-tengahnya.

3. Inset
Inset merupakan peta berukuran kecil yang disisipkan pada peta utama. Peta inset ini dapat diletakkan pada bagian sisi kiri, kanan, ataupun pada bawah peta. Kegunaannya adalah untuk menunjukkan lokasi daerah yang dipetakan.

4. Garis Astronomis atau Gratikul (Posisi Geografis)
Posisi gografis terdiri atas garis lintang dan garis bujur yang digunakan untuk menunjukkan letak suatu tempat atau wilayah. Garis lintang adalah suatu garis khayal yang sejajar dengan garis khatulistiwa, sedangkan garis bujur merupakan garis khayal yang tegak lurus dengan garis khatulistiwa. Garis astronomis ini berguna dan bermanfaat untuk menentukan lokasi suatu tempat.

5. Skala Peta 
Skala adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak yang sebenarnya dipermukaan bumi. Terdapat beberapa cara untuk menyajikan skala, yaitu dengan cara pecahan, verbal, dan cara garis (batang).

6. Tipe Huruf (Lettering)
Penggambar huruf atau lettering ini berfungsi untuk mempertebal arti dari simbol-simbol yang ada. Pada setiap nama simbol menggunakan huruf-huruf standar.

7. Sumber dan Tahun Pembuatan Peta 
Peta dibuat oleh perseorangan atau lembaga, yang berguna untuk mengetahui asal peta tersebut diperoleh sehingga akan ada kepastian bahwa peta tersebut bukan peta fiktif. Lembaga yang dapat menerbitkan peta ialah Bakosurtanal, Jawatan Topografi Angkatan darat, dan juga Badan Pertanahan Nasional. Tahun pembuatan ini penting untuk diketahui terutama oleh para pengguna agar diketahui kapan data dalam peta tersebut dibuat, sehingga bisa diketahui datanya masih layak atau sudah tidak berlaku.

 ini adalah gambar komponen kelengkapan peta


8. Legenda
Legenda ialah informasi yang disampaikan oleh peta, diamana ini berguna untuk menjelaskan simbol-simbol yang terdapat pada peta.


9. Arah Mata Angin (Orientasi) Atau Petunjuk Arah
Arah mata angin ini (orientasi) dibuat untuk mengetahui arah utara, selatan, barat, maupun timur dalam peta.

Itulah sekilas penjelasan detail tentang Komponen atau Unsur Kelengkapan Peta. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Tata Penulisan (Lettering) Pada Peta

Seperti apasih Tata Penulisan (Lettering) yang benar dalam peta itu? Pada peta juga terdapat aturan-aturan dalam cara penulisan pada suatu objek-objek geografi. Setidak-tidaknya disini Terdapat empat aturan penulisan dalam peta yang harus kita patuhi, lihatlah pada (Gambar 1.12). Dibawah ini adalah beberapa aturan atau tanda untuk penulisan nama - nama suatu objek dalam peta 1) pada nama-nama ibu kota, negara, benua, dan pegunungan itu haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kapital tegak. 2) untuk nama-nama samudra, nama teluk yang luas, laut, dan nama selat yang luas, maka harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital miring. 3) untuk nama-nama kota kecil dan gunung haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kecil tegak. Pada awal nama kota dan gunung ditulis dengan huruf besar. 4) sedangkan untuk nama-nama perairan seperti sungai, danau, selat yang sempit, dan nama teluk yang sempit juga haruslah ditulis dengan huruf kecil miring. Itulah beberapa aturan penamaa

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya a. Virus bakteri (bakteriofage) Bakteriofage adalah jenis virus yang menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyerbu bakteri. Dibandingkan dengan kebanyakan virus lainnya, ia sangatkompleks dan mempunyai beberapa bagian berbeda yang telah diatur secara cermat. Semua jenis virus memiliki asam nukleat, yaitu pembawa gen yang diperlukan untuk menghimpun salinan-salinan virus di dalam sel makhluk hidup. Pada virus T4 asam nukleatnya adalah DNA, tapi pada banyak virus yang lainnya, termasuk virus penyebab AIDS, polio, dan flu, asam nukleatnya adalah pada RNA. Di virus RNA, RNA "baru" dibuat dengan cara menggandakan langsung RNA "lama" ataupun dengan cara lebih dulu membentuk potongan DNA pelengkap. mula-mula virus bakteriofage ditemukan oleh seorang ilmuwan Prancis yang bernama D'Herelle. Bentuk luarnya terdiri dari kepala yang berbentuk heksagonal, leher, dan ekor. Pada bagian dalam kepala mengandung dua p

Aturan Pakaian yang dipakai Untuk Kuliah

Apa saja sih standar pakaian yang dipakai untuk kuliah? Pakaian yang dipakai untuk kuliah adalah pakaian yang sopan, bebas juga rapi menurut kriteria universitas negeri ataupun swasta . Namun seperti apa pakaian yang sesuai kriteria tersebut? Kebanyakan, standar minimal pakaian yang boleh dikenakan untuk mengikuti kuliah bagi laki-laki adalah pakaian dengan baju berkerah bebas lengan panjang atau lengan pendek. Kemudian memakai celana panjang berbahan bebas, jeans, training ataupun lainnya. Untuk alas kaki yang dipakai adalah wajib memakai sepatu. Sepatu yang dipakai juga bebas boleh beragam warna, tidak harus pdl ataupun pdh. Biasanya pada setiap jurusan akan ada aturannya tersendiri. Style ala mahasiswa Style santai Style kalem Style cool abiss Siap ngojekin eneng deh :)   Pada setiap jurusan juga akan ada seragam khusus yang dipakai pada hari-hari tertentu. Terkadang harus memakai seragam khusus tersebut secara rapi yaitu dengan berdasi, baju dimasu