Android Pertama di Dunia

Munculnya iPhone pertama kali pada awal 2007 adalah awal mulanya ledakan inovasi smartphones yang ada di dunia. iPhone tidak hanya mempengaruhi inovasi di bidang teknologi tentang ponsel pintar (smartphones), tapi juga sangat mempengaruhi ekonomi global dan gaya hidup manusia global.

Sejarah Android Pertama di Dunia


Android sendiri pada awalnya adalah sebuah sistem operasi yang berbasis pada Linux yang dikembangkan oleh perusahaan Android Inc. yang didirikan Andy Rubin pada tahun 2003. Uniknya, Andy Rubin sendiri dulunya adalah karyawan yang ada di perusahaan Apple.

Pada tahun 2005 Google telah membeli Android. Dan pada saat itu sampai satu tahun setelahnya (2006) google sendiri masih belum memiliki rencana untuk menjadikan Android menjadi sebuah ponsel pintar yang berlayar sentuh (touch screen).

Lima bulan setelah iPhone meluncurkan produknya, yakni 17 Desember 2007, Gizmodo, sebuah blog teknologi kelas dunia, telah mempublikasikan gambar prototipe Google Android yang pertama.

Gambar protipe itu sangat mirip dengan ponsel Blackberry kalau dibandingkan ponsel Android yang ada sekarang inj seperti yang kita kenal. Namun protipe tersebut masih diurungkan untuk diluncurkan ke publik oleh Google. Konon katanya protipe tersebut telah ada sebelum iPhone diluncurkan.

HTC G1

Peluncuran iPhone menjadi pemicu percepatan inovasi teknologi Android. Di tanggal 23 September 2008 Google merilis Android 1.0.  Dan akhir 2008 itu pula Google telah merilis Android G1 dengan perangkat yang dibuat oleh HTC. Perangkat Android G1 ini sudah menggunakan teknologi layar sentuh. Desainnya kala itu masih mirip sedikit dengan desain iPhone. Lihat saja icon aplikasinya, lihat saja layarnya. Meniru atau terinspirasi dengan desain Iphone?

Seperti apakah ponsel pertama yang menggunakan OS Android di dunia? Yaitu adalah HTC Dream atau yang biasa di sebut dengan G1. Perusahaan pabrikan dari Taiwan ini telah merilis smartphone tersebut tanggal 22 Oktober 2008 di AS, dan 30 Oktober 2008 di Inggris. Pada tanggal 5 Februari 2009 di publikasi di Australia, tanggal 21 Februari di singapura, dan pada tanggal 2 Juni 2009 di Kanada dengan menggandeng beberapa Operator seperti T-Mobile (Eropa, US), Rongers Wireless (Canada), SingTel (Singapura).


  • Desain Fitur

Pada desain pertamanya masih mengusung konsep slide, smartpone android ini sudah terlihat elegan pada zamanya, dengan ukuran dimensi 117.7 mm, 55.7 mm, 17.1 mm ponsel ini pun akan  terlihat mungil untuk zaman sekarang tetapi dengan kemungilanya itu, smartphone ini terasa nyaman saat di genggam oleh siapapun saat memegang untuk pertama kalinya Dengan berat 158g yang dapat dikatakan lumayan berat tetapi bobot yang lumayan tersebut wajar karena ponsel ini merukapan ponsel berdesain slide.

HTC Dream pada awalnya menggunakan OS Android 1.0 Upgradeable 1.6 & unofficially 2.3/3.0. Dengan bawaan OS versi android pertama yaitu versi 1.0, ponsel ini keren karena sudah memiliki fitur yang canggih seperti Sensor Accelerometer, sinyal 3G HSPA, Wifi, Bluetooth, Email dan juga MP3 Player.


  • Spesifikasi Memori dan Kapasitas

Tidak lupa, smartphone ini pun melekatkan memory sebesar 192 MB dengan kapasitas 256 MB ROM dan External SD (MicroSD). Kapasitas berprosesor qualcomm 528 MHz MSM7201A ARM11, ponsel ini pun pastinya akan lancar menjalankan sistem operasi android yang di usungnya pada masa itu.


  • Layar Sentuh Pertama 

HTC Dream mengusung layar dengan resolusi HVGA 320 x 480 px Dengan layar HTC Dream yang mengusung layar berupa capasitive touchscreen beresolusi HVGA 320 x 480 px dengan bentang layar sebesar 3,2 Inci (65.536 Warna) dengan kepadatan pixel 180 ppi.


  • Kamera 

Mengusung kamera 3.2 MP dengan autofocus, sektor multimedia pun makin terasa langkap, belum lagi juga telah di tambah dengan daya baterai berkapasitas 1150 mAh, sudah cukup untuk menemani aktivitas harian.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP