Bahaya Menahan BAB


Mungkin pada suatu saat, Anda bangun kesiangan dan terburu-buru untuk pergi ke kantor dikarenakan ada sebuah rapat penting ataupun terlambat betangkat kuliah maupun sekolah. Lalu. Anda pun terpaksa untuk mengorbankan waktu buang air besar (BAB) dan malah bergegas saja berangkat.

Keputusan yang Anda pilih untuk menahan BAB ini mungkin baik bagi karir dan sekolahmu. Namun, hal ini bisa berdampak buruk dan dapat membahayakan kesehatan tubuhmu.

Sayangnya, dalam kondisi masyarakat yang sudah modern seperti saat ini sering membuat jadwal BAB terpaksa diubah. Baik untuk alasan pekerjaan dan maupun alasan yang lainnya.

Lalu, bahaya apa saja bila kia menahan BAB? Dan seperti apakah dampak buruk menahan BAB? (Buang air besar)
Menurut Keri Peterson, M.D, seorang pakar penyakit dalam dari Lenox Hill Hospital di New York City menyebutkan bahwa dampak awal dari kebiasaan ini adalah terjadinya konstipasi, adalah sebuah kondisi di mana seseorang susah melakukan BAB.

Konstipasti ini akan membuat feses menumpuk dan apabila hal ini dibiarkan saja, maka akan membuat feses kita menjadi mengeras, sehingga ketika feses keluar bisa menyebabkan terjadinya pendarahan dan rasa sakit yang luar biasa.

Menahan bab seperti ini juga dapat memicu terjadinya penyakit hemoroid atau wasir. Apabila terus dibiarkan, maka akan sangat mungkin terjadi kerusakan pada bagian jaringan usus besar.

Keri mengatakan bila rang tersebut juga dapat mengalami disfungsi otot yang digunakan untuk melakukan BAB. Hal ini bisa saja berdampak buruk pada usus. Pada kasus yang ekstrem, kondisi ini juga bisa menyebabkan hal sangat berbahaya yang berujung pada kematian bila tidak ditangani dengan jalan melakukan operasi.

Kasus adanya kematian akibat tidak bisa BAB termasuk cukup sangat langka terjadi. Namun, feses yang mengeras akan membuat sulit dikeluarkan itu sebenarnya cukup sering terjadi, kadang pada anak - anak juga.

Jadi, janganlah kita menunda BAB maupun melakukan tips - tips untuk menahan BAB. Jika di perjalanan maupun di sekolah dan tempat kerja kalian mengalami rasa ingin BAB, maka segeralah turuti.

Perbanyaklah makan makanan berserat seperti sayuran untuk makan di malam hari, agar feses dapat dikeluarkan pagi harinya atau malam itu juga. Sehingga, Anda tidak perlu lagi untuk menahan BAB akibat tergesa di pagi hari.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP