Bentuk Negara Singapura

Singapura adalah sebuah negara berbentuk republik parlementer dengan sistem pemerintahan parlementer.

Singapura (nama resmi: Republik Singapura) adalah negara kota dengan sebuah pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, berada di 137 kilometer (85 mi) di utara khatulistiwa Asia Tenggara. Negara ini dipisahkan dengan Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura yang ada di selatan. Singapura adalah sebagai pusat keuangan terdepan keempat di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam suatu perdagangan serta keuangan internasional. Pelabuhan Singapura menjadi salah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.

Singapura yang merupakan negara republik parlementer, menggunakan sistem pemerintahan parlementer unikameral Westminster yang mewakili berbagai konstituensi. Konstitusi negara Singapura telah menetapkan demokrasi perwakilan yang digunakan sebagai sistem politik singapura. Partai Aksi Rakyat (PAP) banyak mendominasi proses politik dan telah memenangkan kekuasaan atas Parlemen pada setiap pemilihan sejak menjadi pemerintahan sendiri pada tahun 1959.

Freedom House menyebut bahwa Singapura sebagai "sebagian bebas" di dalam "laporan Freedom in the World" dan The Economist  telah menempatkan Singapura pada tingkat "rezim hibrida", ketiga dari empat peringkat di dalam "Indeks Demokrasi".

Kekuasaan eksekutifnya dipegang oleh kabinet yang dipimpin  perdana menteri. Presiden Singapura, secara historis adalah jabatan seremonial, yang diberikan hak veto pada tahun 1991 untuk beberapa keputusan kunci seperti pemakaian cadangan nasional dan penunjukan jabatan yudisial. Pada cabang legislatif pemerintah dipegang oleh parlemen.

Anggota parlemennya (MP) terdiri dari anggota terpilih, non-konstituensi dan juga dicalonkan. Mayoritas anggota parlemen terpilih melalui pemilihan umum dengan menggunakan sistem pertama-melewati-pos dan mewakili Anggota Tunggal atau Konsituensi Perwakilan Kelompok (GRC).

Singapura beberapa kali telah masuk menjadi salah satu negara dengan tingkat korupsi yang paling rendah di dunia oleh Transparency International.

Walau hukum di Singapura diwariskan dari hukum Inggris dan juga India Britania, dan meliputi banyak elemen hukum umum Inggris, yang ada dalam beberapa kasus hukum ini keluar dari warisan tersebut sejak kemerdekaan.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP