Keunikan dan Resep Memasak Kimchi Rebus, Pasta!

Kimchi stew (rebus) atau kimchi jjigae (김치 찌개), adalah salah satu hidangan utama yang mengingatkan mereka dari masakan rumah dan sering dikaitkan dengan emosi yang kuat dan kenangan.

Kimchi adalah bahan yang paling penting dalam kimchi stew. New York Times menggambarkan kimchi sebagai "jiwa makanan Korea," kimchi merupakan bahan tak tergantikan dalam masakan Korea dan budaya kuliner. Kimchi rebus adalah item menu utama, bukan sebagai lauk khas.

Kimchi rebus bisa dimasak dengan cara yang relatif sederhana jika kamu memiliki kimchi dan bahan-bahan lain yang diperlukan. Ketika kimchi dan babi dimasak dalam kaldu mendidih, kamu dapat merasakan rasa yang dalam dan begitu kaya.

Kamu bisa memasak kimchi rebus bahkan jika kamu bukan seorang juru masak yang baik. Hal ini dapat dimasak dengan cara yang relatif sederhana. Yang kamu butuhkan adalah baik - kimchi matang, daging babi (atau daging lainnya) dan bahan-bahan lainnya, dan kemudian didihkan dalam kaldu. Kamu bisa memasak hidangan ini di luar ruangan ketika pergi berkemah atau hiking. Kamu juga dapat menikmati rasa yang unik jika kamu menggantinya dengan daging sapi atau seafood bukannya daging babi.

Kimchi rebus juga merupakan salah satu menu populer untuk makan ketika melakukan kegiatan outdoor. Bahkan, kamu bisa menemukan banyak restoran kimchi rebus terkenal, tidak hanya di Seoul, tetapi kimchi juga dapat ditemukan di kota-kota lainnya. Meskipun semakin dingin di awal musim dingin, sup kimchi dapat membantu Anda mengalahkan dinginnya.

** Bahan - bahan membuat kimchi


  1. 280 g (¼ kepala) kimchi kubis
  2. 150 g daging babi ( fillet leher ), bisa diganti dengan daging sapi
  3. 13 g (1 sdm) minyak wijen
  4. 1.2 ㎏ (6 cangkir) air rebusan
  5. 2,2 g (1 sdt) paprika merah tanah
  6. 2 g (½ sdt) garam
  7. 150 g (⅓ kue) tofu
  8. 20 g daun bawang
  9. 0,3 g lada (⅛ sdt) tanah hitam


Bumbu:


  1. 16 g (1 sdm) bawang putih cincang
  2. 16 g (1 sdm) jahe halus
  3. 15 g (1 sdm) anggur beras halus 
  4. air rebusan: 1,6 ㎏ (8 gelas) air
  5. 100 g lobak
  6. 100 g (⅔ kepala) bawang
  7. 20 g rumput laut


Bahan utama untuk membuat kimchi rebus adalah kubis kimchi, daging babi,l yang bisa diganti dengan daging sapi atau lainnya, tahu, bawang, bawang putih, jahe dan rumput laut.


** Cara Mengolah Bahan Kimchi

  1. Lepaskan bagian dalam kimchi kubis, dan memotong kimchi menjadi irisan panjang 2 sentimeter.
  2. Bersihkan darah dari daging babi dengan kain katun. Potong menjadi 2,5 sentimeter dengan kuadrat 0,2 sentimeter.
  3. Potong dan bersihkan lobak. Potong menjadi 5 sentimeter dengan  tebal kotak 2  cm.
  4. Bersihkan rumput laut dengan kain katun basah.
  5. Potong tahu menjadi kubus yang 2,5 cm lebar, panjang 3 cm dan tebal 0,8 cm.
  6. Iris dan membersihkan bawang dan potong menjadi diagonal irisan 2 sentimeter.


Membersihkan darah dari daging babi dengan kain katun dan memotong daging menjadi potongan kecil. Lepaskan bumbu dalam dari kimchi kubis, dan potong menjadi irisan panjang 2 sentimeter. Pastikan untuk menggunakan kimchi yang matang untuk membuat hidangan lebih lezat.


** Tahap - Tahap Memasak 


1. Masukan air, lobak dan bawang ke dalam panci. Panaskan selama 8 menit. Ketika mendidih, kecilkan api sampai sedang dan didihkan selama 20 menit. Matikan api dan biarkan selama 1 menit. Saringlah untuk membuat kaldu rebusan.

2. Panaskan panci dengan minyak. Masukan daging babi dalam panci dan tumis selama 2 menit di atas api sedang. Tambahkan kimchi kubis dan tumis bersama-sama selama 2 menit.

3. Tuang kaldu rebusan dan paprika merah tanah dalam daging babi goreng dan kimchi. Didihkan selama sekitar 5 menit dengan api agak besar. Kurangi panas sampai sedang dan didihkan selama 30 menit.

4. Bumbui dengan garam. Tambahkan tahu, daun bawang, lada hitam. Membawa ke mendidih.

Masukkan air, lobak dan bawang ke dalam panci dan didihkan bersama-sama selama sekitar 30 menit. Matikan api.

Tambahkan kaldu dan cabai paprika untuk daging babi dan kimchi, dan didihkan bersama-sama selama 30 menit. Kamu bisa menambahkan  merica atau kimchi kaldu dingin jika kamu suka.

Sumber : korea.net

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP