Manfaat Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman yang ada pada makhluk hidup adalah ungkapan pernyataan tentang terdapatnya berbagai macam keragaman bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang terlihat pada berbagai tingkatan makhluk hidup adalah tingkatan ekosistem, tingkatan jenis, dan tingkatan genetik.

Lalu apa saja Manfaat Keanekaragaman Hayati itu?

Keanekaragaman hayati banyak memberikan manfaat untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya adalah sebagai berikut. Yaitu:

1. Sebagai sumber pangan, perumahan, dan kesehatan Makanan, tempat tinggal, dan obat-obatan  juga sangat tergantung pada tingkat ketersediaan tanaman dan hewan.

2. Manfaat Keanekaragaman Hayati Sebagai sumber plasma nutfah

Apa itu plasma nutfah? Plasma nutfah adalah kisaran keanekaragaman genetika yang menyangkut dengan individu-individu liar sampai bibit unggul yang ada pada masa sekarang. Jadi, plasma nutfah itu terdapat di dalam sel makhluk hidup. Manusia memanfaatkan plasma nutfah sebagai bahan baku untuk melakukan pemuliaan pada tanaman dan hewan.

3. Memberikan Manfaat ekologik
Masing-masing jenis organisme itu memiliki peranan di dalam ekosistemnya. Kestabilan tatanan yang ada pada kehidupan di suatu daerah ditentukan oleh makin beranekaragamnya jenis makhluk hidup.



Itulah sekilas tentang Manfaat Keanekaragaman Hayati.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP