Skip to main content

Negara Terakhir di Dunia

Berikut ini adalah negara yang kemungkinan terkhir berdiri di dunia..

Sudah pernah mendengar nama negara Free Republic of Liberland? Mungkin pada peta dunia juga tidak akan pernah menemukan negara ini karena negara tersebut baru saja dibuat tepatnya adalah pada tanggal 13 April 2015 oleh seorang warga Republik Ceko yang bernama Vit Jedlicka. Benar-benar sangat aneh.

Vit Jedlicka membuat sebuah negara mikro yang ukurannya lebih kecil dari negara terkecil di dunia yaitu Vatikan. Jika Vatikan ini masih memiliki wilayah seluas 44 hektar maka negara yang dibuat oleh orang ini hanya menduduki wilayah seluas tujuh kilometer persegi saja, tidak lebih dari 70 kali luas suatu lapangan sepak bola.

Letaknya berada di perbatasan Kroasia dan Serbia. Vit Jedlicka adalah warga negara Republik Ceko dan tercatat sebagai politikus di partai liberal. Tapi entah apa yang dipikirkannya ia mendeklarasikan sebuah negara buatannya sendiri dan mengangkat dirinya menjadi sebagai presidennya.

Mengintip dari web liberland.org, adalah situs resmi negara Free Republic of Liberland, negara itu juga telah memiliki hukum sendiri dengan bendera kebangsaan berwarna hitam kuning dengan bergambar perisai di tengahnya. Lebih lanjut dalam situsnya bahwa negara ini sedang mencari warga negara baru.

Kemungkinan dalam beberapa tahun ini, Liberland akan menjadi negara terakhir yang berdiri di dunia.

Namun, negara-negara baru yang bermunculan dan mulai menyatakan dirinya sebagai wilayah yang berdaulat walaupun kebanyakan dari mereka belum resmi itu bisa diprediksi di masa depan akan muncul banyak negara baru. Berikut adalah beberapa negara yang diprediksi muncul di masa depan.

1. Bougainville

Bouganville suatu wilayah konflik yang ada di Papua Nugini. Sejak tahun 1988-1998 sering perang sipil hingga menyebabkan 20.000 orang tewas. Akhirnya Papua Nugini melakukan perbaikan yang ada di Bougainville dan membiarkan mereka untuk melakukan pemerintahannya sendiri walau dalam pengawasan yang ketat.

Orang yang ada di Bouganviller memutuskan membuat sistem pemerintahannya sendiri yang resmi. Diperkirakan lima tahun ke depan masyarakat di Bougainville akan melakukan sebuah referendum untuk bisa bebas dan menjadi negara berdiri sendiri terlepas dari Papua Nugini.


2. Khalistan

Khalistan merupakan calon negara yang dikumandangkan oleh penganut Sikh di India. Kira - kira tahun 1947 kelompok agama minoritas ini mencoba untuk mendirikan negara independen. Tapi Pemerintah India tidak membolehkan hingga akhirnya sering terjadi perang antara dua belah pihak.

3. United States of Europe

Saat ini Eropa sudah bersatu menjadi Uni Eropa menggunakan mata uang dan beberapa kebijakan yang disamakan. Walau demikian mereka tetap sekelompok negara berbeda dengan pemerintahan beraneka ragam. Eropa yang sudah mulai sama satu sama lain ini membuat beberapa orang menggagas ide untuk menyatukan semua negaranya.

Lalu, adakah negara terakhir di dunia? Semua itu relatif. Kita tak akan tahu sebuah kapan akan ada negara baru yang menjadi negara terakhir di dunia.

Comments

Popular posts from this blog

Tata Penulisan (Lettering) Pada Peta

Seperti apasih Tata Penulisan (Lettering) yang benar dalam peta itu? Pada peta juga terdapat aturan-aturan dalam cara penulisan pada suatu objek-objek geografi. Setidak-tidaknya disini Terdapat empat aturan penulisan dalam peta yang harus kita patuhi, lihatlah pada (Gambar 1.12). Dibawah ini adalah beberapa aturan atau tanda untuk penulisan nama - nama suatu objek dalam peta 1) pada nama-nama ibu kota, negara, benua, dan pegunungan itu haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kapital tegak. 2) untuk nama-nama samudra, nama teluk yang luas, laut, dan nama selat yang luas, maka harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital miring. 3) untuk nama-nama kota kecil dan gunung haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kecil tegak. Pada awal nama kota dan gunung ditulis dengan huruf besar. 4) sedangkan untuk nama-nama perairan seperti sungai, danau, selat yang sempit, dan nama teluk yang sempit juga haruslah ditulis dengan huruf kecil miring. Itulah beberapa aturan penamaa

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya a. Virus bakteri (bakteriofage) Bakteriofage adalah jenis virus yang menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyerbu bakteri. Dibandingkan dengan kebanyakan virus lainnya, ia sangatkompleks dan mempunyai beberapa bagian berbeda yang telah diatur secara cermat. Semua jenis virus memiliki asam nukleat, yaitu pembawa gen yang diperlukan untuk menghimpun salinan-salinan virus di dalam sel makhluk hidup. Pada virus T4 asam nukleatnya adalah DNA, tapi pada banyak virus yang lainnya, termasuk virus penyebab AIDS, polio, dan flu, asam nukleatnya adalah pada RNA. Di virus RNA, RNA "baru" dibuat dengan cara menggandakan langsung RNA "lama" ataupun dengan cara lebih dulu membentuk potongan DNA pelengkap. mula-mula virus bakteriofage ditemukan oleh seorang ilmuwan Prancis yang bernama D'Herelle. Bentuk luarnya terdiri dari kepala yang berbentuk heksagonal, leher, dan ekor. Pada bagian dalam kepala mengandung dua p

Aturan Pakaian yang dipakai Untuk Kuliah

Apa saja sih standar pakaian yang dipakai untuk kuliah? Pakaian yang dipakai untuk kuliah adalah pakaian yang sopan, bebas juga rapi menurut kriteria universitas negeri ataupun swasta . Namun seperti apa pakaian yang sesuai kriteria tersebut? Kebanyakan, standar minimal pakaian yang boleh dikenakan untuk mengikuti kuliah bagi laki-laki adalah pakaian dengan baju berkerah bebas lengan panjang atau lengan pendek. Kemudian memakai celana panjang berbahan bebas, jeans, training ataupun lainnya. Untuk alas kaki yang dipakai adalah wajib memakai sepatu. Sepatu yang dipakai juga bebas boleh beragam warna, tidak harus pdl ataupun pdh. Biasanya pada setiap jurusan akan ada aturannya tersendiri. Style ala mahasiswa Style santai Style kalem Style cool abiss Siap ngojekin eneng deh :)   Pada setiap jurusan juga akan ada seragam khusus yang dipakai pada hari-hari tertentu. Terkadang harus memakai seragam khusus tersebut secara rapi yaitu dengan berdasi, baju dimasu