Negara Terakhir di Dunia

Berikut ini adalah negara yang kemungkinan terkhir berdiri di dunia..

Sudah pernah mendengar nama negara Free Republic of Liberland? Mungkin pada peta dunia juga tidak akan pernah menemukan negara ini karena negara tersebut baru saja dibuat tepatnya adalah pada tanggal 13 April 2015 oleh seorang warga Republik Ceko yang bernama Vit Jedlicka. Benar-benar sangat aneh.

Vit Jedlicka membuat sebuah negara mikro yang ukurannya lebih kecil dari negara terkecil di dunia yaitu Vatikan. Jika Vatikan ini masih memiliki wilayah seluas 44 hektar maka negara yang dibuat oleh orang ini hanya menduduki wilayah seluas tujuh kilometer persegi saja, tidak lebih dari 70 kali luas suatu lapangan sepak bola.

Letaknya berada di perbatasan Kroasia dan Serbia. Vit Jedlicka adalah warga negara Republik Ceko dan tercatat sebagai politikus di partai liberal. Tapi entah apa yang dipikirkannya ia mendeklarasikan sebuah negara buatannya sendiri dan mengangkat dirinya menjadi sebagai presidennya.

Mengintip dari web liberland.org, adalah situs resmi negara Free Republic of Liberland, negara itu juga telah memiliki hukum sendiri dengan bendera kebangsaan berwarna hitam kuning dengan bergambar perisai di tengahnya. Lebih lanjut dalam situsnya bahwa negara ini sedang mencari warga negara baru.

Kemungkinan dalam beberapa tahun ini, Liberland akan menjadi negara terakhir yang berdiri di dunia.

Namun, negara-negara baru yang bermunculan dan mulai menyatakan dirinya sebagai wilayah yang berdaulat walaupun kebanyakan dari mereka belum resmi itu bisa diprediksi di masa depan akan muncul banyak negara baru. Berikut adalah beberapa negara yang diprediksi muncul di masa depan.

1. Bougainville

Bouganville suatu wilayah konflik yang ada di Papua Nugini. Sejak tahun 1988-1998 sering perang sipil hingga menyebabkan 20.000 orang tewas. Akhirnya Papua Nugini melakukan perbaikan yang ada di Bougainville dan membiarkan mereka untuk melakukan pemerintahannya sendiri walau dalam pengawasan yang ketat.

Orang yang ada di Bouganviller memutuskan membuat sistem pemerintahannya sendiri yang resmi. Diperkirakan lima tahun ke depan masyarakat di Bougainville akan melakukan sebuah referendum untuk bisa bebas dan menjadi negara berdiri sendiri terlepas dari Papua Nugini.


2. Khalistan

Khalistan merupakan calon negara yang dikumandangkan oleh penganut Sikh di India. Kira - kira tahun 1947 kelompok agama minoritas ini mencoba untuk mendirikan negara independen. Tapi Pemerintah India tidak membolehkan hingga akhirnya sering terjadi perang antara dua belah pihak.

3. United States of Europe

Saat ini Eropa sudah bersatu menjadi Uni Eropa menggunakan mata uang dan beberapa kebijakan yang disamakan. Walau demikian mereka tetap sekelompok negara berbeda dengan pemerintahan beraneka ragam. Eropa yang sudah mulai sama satu sama lain ini membuat beberapa orang menggagas ide untuk menyatukan semua negaranya.

Lalu, adakah negara terakhir di dunia? Semua itu relatif. Kita tak akan tahu sebuah kapan akan ada negara baru yang menjadi negara terakhir di dunia.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP