Sifat-Sifat Gelombang

Kalian tentu sering menemui dan mengamati sifatsifat gelombang. Apa saja sifat - sifatnya ya? Sifat-sifat itu dapat dijelaskan sebagai berikut seperti dibawah ini.

1. Gelombang dapat mengalami pemantulan

Semua gelombang dapat dipantulkan apabila mengenai penghalang. Contohnya adalah seperti gelombang stationer yang ada pada tali. Gelombang datang bisa dipantulkan oleh penghalang. Contoh lain kalian mungkin sering mendengar gema yakni pantulan gelombang bunyi. Gema bisa terjadi di gedung-gedung ataupun pada saat berekreasi ke dekat tebing. Coba kalian teriakkan di atas tebing atau dalam gedung, maka akan ada gemanya.

2. Gelombang dapat mengalami pembiasan

Pembiasan bisa diartikan sebagai pembelokan gelombang yang melewati batas dua medium yang berbeda.

Pada pembiasan ini akan terjadi perubahan cepat rambat, panjang gelombang dan serta arah. Sedangkan pada frekuensinya tetap.

3. Gelombang dapat mengalami pemantulan
Interferensi yaitu sebuah perpaduan dua gelombang atau lebih. Jika terdapat gelombang dipadukan maka akan terjadi dua kemungkinan yang khusus, adalah saling menguatkan dan saling melemahkan. Interferensi saling menguatkan disebut dengan interferensi kontruktif dan terpenuhi jika kedua gelombang sefase. Interferensi saling melemahkan yang disebut dengan interferensi distruktif dan akan terpenuhi jika kedua gelombang itu berlawanan fase.

4. Gelombang bisa mengalami difraksi
Difraksi disebut juga dengan pelenturan yaitu adalah gejala gelombang yang melentur saat melalui lubang kecil sehingga  mirip dengan sumber baru. Perhatikan pada Gambar Gelombang.

Air bisa melalui celah sempit membentuk suatu gelombang baru.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP