3 Macam Rantai Pokok dalam Rantai Makanan

Sebelumnya perlu kita ketahui, apa itu rantai makanan?
Rantai makanan adalah pengalihan energi dari sumbernya, yaitu dari tumbuhan melalui sederetan organisme yang makan dan yang dimakan.

Para ilmuwan ekologi sendiri mengenal tiga macam rantai pokok, yaitu adalah rantai pemangsa arau grazing, rantai parasit, dan rantai saprofit. Adapun untuk penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Rantai Pemangsa (Grazing)
Di dalam rantai pemangsa ini, asalnya adalah tetap, yaitu berasal dari tumbuhan yang berperan sebagai produsen. Rantai pemangsa dimulai dari hewan pemakan tumbuhan atau disebut herbivora sebagai konsumen I, kemudian ada hewan pemakan daging atau disebut karnivora sebagai konsumen II, dan terakhir adalah hewan pemangsa karnivora ataupun herbivora yang menjadi sebagai konsumen terakhir.

2. Rantai Parasit
Rantai parasit ini adalah rantai yang dimulai dari organisme yang hidup secara parasit atau organisme yang merugikan organisme lain. Contohnya adalah rantai makanan yang dimulai dari tanaman benalu dan cacing parasit.

3. Rantai Saprofit
Rantai saprofit yaitu yang berasal dari organisme dengan sumber makanannya adalah dari sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Contohnya adalah pada rantai makanan yang dimulai dari jamur dan bakteri.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP