Apa itu Aliran Energi?

Aliran energi adalah suatu rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi yang lain dimulai dari sinar matahari menuju ke produsen, konsumen, sampai ke pengurai yang ada di dalam tanah.

Matahari adalah sumber energi bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini. Tumbuhan hijau, tanpa ada bantuan dari sinar matahari tidak mampu berfotosintesis untuk menyusun bahan organik yang kemudian akan dimanfaatkan oleh semua organisme.

Kemudian energi kimia yang disimpan oleh tumbuhan hijau itu sebagai produsen akan berpindah ke konsumen I, lalu ke pindah konsumen II, ke konsumen III, dan akhirnya sampai ke konsumen ke-n. Energi berpindah dari produsen kepada konsumen dan berakhir pada pengurai yang akan melepaskan energi yang sudah diuraikan dari sisa makhluk hidup yang sudah mati dalam bentuk energi panas ke lingkungan.

Jadi, aliran energi itu adalah suatu rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi yang lain dimulai dari sinar matahari menuju ke produsen, konsumen, sampai ke pengurai yang ada di dalam tanah. Organisme akan memerlukan energi untuk mendukung kelangsungan hidupnya, antara lain adalah untuk melakukan proses pertumbuhan dan perkembangan, bergerak, reproduksi, dan metabolisme yang berada dalam tubuh.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP