Apa itu Iklan baris? (Classified ad ertising) adalah
pengiklanan dimana salah satu cara untuk mempromosikan barang dan jasa yang
umumnya ditemukan di koran. Cara pengiklanan ini merupakan pengembangan dari promosi
iklan yang mengutamakan daya tarik dengan gambar dan dengan informasi yang
lebih lengkap dan terperinci. Yang diutamakan dalam Iklan baris itu adalah
dengan mengutamakan informasi yang paling inti yang perlu diketahui oleh peminatnya.
Maka dari itu, iklan baris biasanya hanya memuat informasi seperlunya dan hanya
membutuhkan beberapa baris saja. Iklan
yang ada di koran-koran biasanya mensyaratkan iklan baris minimal adalah
sebanyak 2-3 baris. Karena tidak menggunakan gambar pada iklan sebagai daya
tariknya, maka iklan baris akan dimuat secara berkelompok sesuai dengan isinya.
Misalnya adalah iklan baris kelompok barang yang dijual dipasang dalam baris
yang berbeda dengan kelompok barang yang dicari. Selanjutnya adalah pada barang-barang
yang dijual pun diklasifikasikan lebih jauh: tanah, rumah, mobil, motor, dll. Penjual
atau pembeli biasanya memberikan nomor telepon atau alamat rumah tempat barang
itu dapat dilihat, dibeli, dan diambil. Karena ukurannya jauh lebih kecil
daripada iklan biasa, iklan baris umumnya lebih murah daripada iklan-iklan
lain. Pemuatannya pun jauh lebih sederhana karena tidak membutuhkan art-work
atau ilustrasi grafis sehingga koran-koran umumnya dapat menerima iklan
baris untuk segera dimuat dalam penerbitan esok harinya. Perkembangan teknologi
media di masa kini membuat iklan baris tidak lagi terbatas pada koran, tetapi
juga media lainnya, seperti internet.
Dalam menulis iklan, peran pilihan kata memang
diperlukan. Ada beberapa hal
yang perlu diperhatikan ketika pengiklan akan menulis
iklan. Hal tersebut, antara lain,
bahasa yang digunakan:
a. diusahakan mudah dipahami dan diingat,
b. berkonotasi positif yang bisa memengaruhi orang
banyak, dan
c. menimbulkan sikap penasaran dari khalayak.
Comments
Post a Comment