Apa itu Surat Edaran?

Pengertian Surat Edaran pada Suatu Instansi

Surat edaran adalah surat pemberitahuan tertulis yang ditujukan kepada pejabat/pegawai. Adapun surat edaran ini berisi penjelasan tentang sesuatu hal, misalnya adalah kebijakan pimpinan, petunjuk mengenai tata cara pelaksanaan, ataupun suatu peraturan perundang-undangan.

Apa saja fungsi surat edaran itu?

Fungsi dan manfaat surat edaran adalah untuk:

1. Apabila di kalangan instansi pemerintah, adalah surat yang bermanfaat dapat memberi petunjuk, penjelasan tentang pelaksanaan atau
peraturan;

2. di perusahaan swasta, surat edaran dapat berfungsi dan bermanfaat sebagai pemberitahuan atau pengumuman.

Apa saja jenis surat edaran itu?

Macam dan jenis surat edaran:

1. Ada surat edaran pemerintah, yaitu adanya suatu pemberitahuan kepada seluruh rakyat Indonesia yang mempunyai sifat nasional.

 contohnya adalah:
 (1) edaran tentang sensus penduduk
 (2) edaran tentang perayaan hari besar nasional
 (3) edaran tentang adanya Pemilu



2. Surat edaran yang berasal dari instansi pemerintah adalah pemberitahuan dan penjelasan tentang pelaksanaan peraturan yang ada di lingkungan instansi tersebut.

contohnya adalah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan membuat surat edaran tentang:
(1) petunjuk UAS, penetapan waktu ujian serta penentuan
(2) petunjuk kenaikan kelas, petunjuk pelaksanaan ujian dan petunjuk penilaian ujian dan juga petunjuk kelulusan ujian.



3. Surat edaran dari perusahaan, yang terdiri atas :

(1) Surat edaran umum adalah surat edaran yang bertujuan untuk memperkenalkan jasa perusahaan dan hasil produk dari dan kepada seluruh lapisan masyarakat / khalayak.

(2) Surat edaran khusus adalah surat pemberitahuan sesuatu informasi yang ditujukan untuk satu lingkungan tertentu

Contoh surat edaran lembaga kursus pelatihan


Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP