Barca Bukan Lagi Favorit, Real Madrid Semakin Membaik

Meski berstatus tuan rumah, Barcelona diyakini tidak lagi favorit di El Clasico pada akhir pekan ini. Penampilan Barca yang tidak konsisten telah menjadi alasannya.

Blaugrana sekarang ini tidak dalam situasi yang ideal saat menjamu musuh bebuyutannya Real Madrid di stadion Camp Nou, pada Sabtu (3/12/2016) malam WIB. Hanya dua kemenangan yang mampu dipetik Barca di enam pertandingan terakhirnya.

Sebaliknya, untuk Real Madrid malah tampil dengan sangat meyakinkan. Tim yang dilatih Zinedine Zidane sejauh ini belum terkalahkan di kompetisi manapun pada sepanjang musim ini, termasuk juga telah memenangi lima pertandingan terakhirnya.
Gambar : detik.com

Madrid sekarang ini telah menduduki puncak klasemen usai mengantongi 33 poin, unggul dengan enam poin dari Barca. Ini adalah sebuah kemenangan yang akan menguatkan posisinya dalam persaingan gelar juara La Liga.

"Sama sekali tidak terlihat bagus untuk Barcelona, mereka bukan favorit lagi, dan sekarang Madrid sudah mulai menang di Camp Nou," kata Bernd Schuster, yang pernah berkarier di Barca dan Madrid di era 80-an.

"Kalau Madrid menang, jarak mereka akan melebar menjadi sembilan poin dan akan menciptakan sebuah masalah besar. Sekalipun kita sudah menyaksikan comeback-comeback di beberapa musim terakhir," lanjut dia yang dilansir Marca.

Cedera yang dialami Andres Iniesta disinyalir sebagai faktor besar yang membuat penampilan Barca menjadi menurun. Meski tidak mengesampingkan peran si Lionel Messi, Schuster yakin kembalinya Iniesta ini akan sangat dibutuhkan oleh Barca.

"Bagi Barcelona, saya pikir lini tengah mereka tidak memiliki pengganti Iniesta," lanjut pria Jerman itu.

"Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan sangat menentukan karena mereka akan melakukan tugas mereka. Mereka akan mencetak banyak gol dan mereka akan menciptakan berbagai ancaman. Tapi yang paling penting adalah, kesembuhan Iniesta untuk Barcelona akan sangat penting," simpul Schuster.

Namun, ternyata Ronaldo  punya catatan mentereng saat El Clasico digelar di Camp Nou.

Seperti dilaporkan Marca, Ronaldo telah mencetak 10 gol dari 12 El Clasico di stadiom Camp Nou sejak kedatangannya pada tahun 2009. Ronaldo tercatat hanya absen membobol gawang Barca di Camp Nou pada tiga laga saja.

Lalu bagaimana dengan Lionel Messi di Camp Nou? Bintang pujaan Barcelona itu ternyata hanya mencetak lima gol saja di periode yang sama dengan Ronaldo. Rinciannya adalah dua gol di partai Liga sementara tiga gol lagi di partai Piala Super Spanyol.

Lebih lanjut lagi, dari 10 gol itu, Ronaldo berhasil mencetak dua gol sebanyak dua kali. Itu terjadi saat musim 2012/13 saat Madrid bermain imbang 2-2 dengan Barca, dan di saat Madrid menang 3-2 di Copa del Rey.

Ronaldo telah mencetak 16 gol di partai El Clasico. Catatan itu yang menempatkanya menjadi pencetak gol terbanyak ketiga di laga terebut, bersama dengan legenda Madrid, Raul Gonzalez.

Posisi nomor satu dan dua ditempati oleh Lionel Messi dan Alfredo Di Stefano. Jika Di Stefano mencetak 18 gol, maka Messi berhasil mencetak 23 gol di El Clasico sejauh ini.

Sumber :
Detik.com
Lintas6.com

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP