Bentuk Negara Thailand

Bentuk Pemerintahan Negara Thailand adalah Negara kesatuan dengan Kediktatoran militer menggunakan Monarki konstitusional yang bersistem parlementer.

Kerajaan Thai yang mempunyai nama resmi bahasa Thai: ราชอาณาจักรไทย Ratcha Anachak Thai; atauPrathēt Thai), yang lebih sering disebut  negara Thailand dalam bahasa Inggris, atau dalam bahasa aslinya adalah Mueang Thai (dibaca: "meng-thai", sama dengan versi Inggrisnya, yang berarti "Negeri Thai"), adalah sebuah negara yang berada di Asia Tenggara berbatasan dengan Laos danKamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di bagian barat. Kerajaan Thai dahulu dikenal sebagai Siam sampai tanggal 11 Mei tahun 1949. Kata "Thai" (ไทย) berarti "kebebasan" dalam bahasa Thai, tapi juga dapat merujuk kepada suku Thai, sehingga membuat nama Siam masih digunakan di kalangan warga negara Thai terutama oleh kaum minoritas Tionghoa.

Sang raja mempunyai sedikit kekuasaan yang langsung berada di bawah konstitusi tapi merupakan pelindung Buddhisme Kerajaan Thai dan lambang jati diri dan sebagai persatuan bangsa. Raja yang memerintah saat ini sangat dihormati dengan besar dan dianggap sebagai pemimpin dari segi moral, suatu hal yang telah dimanfaatkan pada beberapa kesempatan untuk menyelesaikan masalah  krisis politik. kepala pemerintahannya adalah dengan Perdana Menteri, dilantik sang raja dari anggota-anggota parlemen dan biasanya adalah seorang pemimpin partai mayoritas.


Parlemen Kerajaan Thai yang menggunakan sistem dua kamar dinamakan dengan Majelis Nasional atau sebutan Rathasapha - รัฐสภา, yang terdiri dari Dewan Perwakilan (Sapha Phuthaen Ratsadon - สภาผู้แทนราษฎร) yang beranggotakan 480 orang dan Senat (Wuthisapha - วุฒิสภา) yang jumlah anggotanya 150 orang. Anggota Dewan Perwakilan menjalani masa bakti yang lamanya empat tahun, sementara untuk para senator menjalani masa bakti enam tahun. Badan kehakiman yang tertinggi adalah Mahkamah Agung (Sandika - ศาลฎีกา), yang jaksanya dilantik oleh sang raja. Kerajaan Thai juga adalah termasuk dari anggota aktif dalam komunitas ASEAN.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP