Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya

a. Virus bakteri (bakteriofage)

Bakteriofage adalah jenis virus yang menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyerbu bakteri. Dibandingkan dengan kebanyakan virus lainnya, ia sangatkompleks dan mempunyai beberapa bagian berbeda yang telah diatur secara cermat. Semua jenis virus memiliki asam nukleat, yaitu pembawa gen yang diperlukan untuk menghimpun salinan-salinan virus di dalam sel makhluk hidup.

Pada virus T4 asam nukleatnya adalah DNA, tapi pada banyak virus yang lainnya, termasuk virus penyebab AIDS, polio, dan flu, asam nukleatnya adalah pada RNA.

Di virus RNA, RNA "baru" dibuat dengan cara menggandakan langsung RNA "lama" ataupun dengan cara lebih dulu membentuk potongan DNA pelengkap.
mula-mula virus bakteriofage ditemukan oleh seorang ilmuwan Prancis yang bernama D'Herelle.

Bentuk luarnya terdiri dari kepala yang berbentuk heksagonal, leher, dan ekor.

Pada bagian dalam kepala mengandung dua pilinan DNA. Untuk bagian leher berfungsi sebagai penghubung bagian kepala dan ekor. Di bagian ekor berfungsi untuk memasukkan DNA virus ke bagian dalam sel inangnya.
Virus infulenza

b. Virus tumbuhan

Adalah virus yang parasit pada sel tumbuhan. Contohnya adalah virus yang parasit pada tumbuhan yaitu: Tobacco Mozaic Virus (TMV) yang menyerang tanaman tembakau dan Beet Yellow Virus (BYV).

c. Virus hewan
Adalah virus yang parasit pada sel hewan. Contohnya ialah virus hewan: virus Poliomylitis, Vaccina, dan virus Influenza.

2. Jika Berdasarkan Molekul yang Menyusun Asam Nukleat, maka dapat Dibedakan menjadi: DNA pita ganda (DNA ds), DNA pita tunggal (DNA ss), RNA pita tunggal (RNA ss), serta RNA pita ganda (RNA ds).

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP