Bioma Hutan Hujan Tropis

Indonesia adalah salah satu negara terbesar yang masih mempunyai hutan hujan tropis selain negara Brazil, Afrika bagian barat, dan yang ada di Madagaskar.

Hutan hujan adalah bioma paling kompleks / lengkap, jumlah dan jenis vegetasinya sangatlah banyak dan bervariasi, keadaan itu disebabkan karena iklim mikro yang sangat sesuai untuk kehidupan berbagai jenis tumbuhan.

Apa jenis Iklim hutan hujan tropis itu?

Iklim yang ada di hutan hujan tropis dicirikan dengan musim hujan yang panjang, suhu udara, dan dicirikan kelembapan udara tinggi.

Apa saja lapisan vegetasinya?

Terdapat beberapa lapisan vegetasi dalam hutan hujan, adalah sebagai berikut.

1) Lapisan vegetasi yang tingginya mencapai 35-42 m, dan daunnya dapat disebut sebagai ”kanopi” (payung) bagi vegetasi yang berada di bawahnya

2) Lapisannya yang tertutup kanopi dengan ketinggian vegetasi berkisar sekitar 20-35 m, pada lapisan ini sinar matahari masih bisa menembus lho.

3) Lapisan tertutup kanopi berkisar 4–20 m, adalah daerah dengan kelembapan udara yang relatif konstan.

4) Ada lapisan vegetasi dengan ketinggian berkisar sekitar 1-4 m.

5) Lapisan vegetasi yang mempunyai ketinggian antara 0-1 m, adalah anakan pohon serta semak belukar.

Apa saja jenis macam vegetasi yang ada di Hutan hujan tropis?

Jenis vegetasi yang tumbuh dalam hutan hujan tropis di antaranya adalah tanaman Pometia spp, Arecaceae (palem), Dipterocarpaceae,  Mangifera spp, dan Rafflesia spp. Terdapat pula jenis vegetasi yang khas yaitu adalah tumbuhan epifit (angrek-anggrekan) dan liana (tumbuhan merambat contohnya adalah tanaman rotan).

Bioma hutan hujan tropis tersebar dimana saja?

Bioma hutan hujan tropis tersebar di daerah antara 10º LU dan 10º LS, termasuk di dalamnya adalah Hutan Amazon (Amerika Tengah), Madagaskar Timur, Afrika Barat, Asia Selatan (Indonesia dan Malaysia), dan di Australia.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP