JENIS - JENIS GELOMBANG

Terbentuknya gelombang
Sebuah gelombang dapat terjadi bila ada sumber yang berupa getaran dan apabila ada yang merambatkannya.

2. Jenis-jenis gelombang
Di alam banyak sekali terjadi gelombang. Contohnya ialah gelombang air, cahaya, bunyi, gelombang tali, dan gelombang radio. Lalu, apakah semua gelombang itu sama? Dan ternyata semua gelombang itu bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis sesuai sifat kemiripannya loh, contohnya dapat dibagi berdasarkan dasar berikut.

a. Berdasarkan arah rambat dan arah getar
Apabila berdasarkan arah rambat dan arah getarnya, gelombang bisa dibagi menjadi dua. Yang pertama ialah, gelombang  transversal yaitu suatu gelombang yang arah rambat tegak lurus pada arah getarnya. Contohnya ialah gelombang air, tali dan cahaya.

Lalu yang kedua, yakni gelombang longitudinal, adalah gelombang yang arah rambat dan arah getarnya sejajar. Contohnya adalah gelombang pegas dan bunyi.

b. Berdasarkan mediumnya
Jika berdasarkan mediumnya, gelombang dapat dibagi menjadi dua jenis loh. Yaitu gelombang mekanik adalah gelombang  yang membutuhkan media dalam merambat. Contohnya adalah gelombang tali dan bunyi. Apakah yang terjadi jika ada dua orang astronot yang bercakap-cakap diruang hampa? Coba tebak! Jawabnya tentu tidak bisa secara langsung dari percakapan antar bunyi dari mulutnya. Dan adalagi gelombang yang tidak membutuhkan media dalam merambat. Gelombang ini yang dinamakan dengan gelombang elektromagnetik. Contohnya adalah cahaya, gelombang radio dan sinar-X.

c. Berdasarkan amplitudonya
Bila didasarkan pada amplitudonya, ternyata ada dua jenis pula. Ada gelombang yang amplitudonya tetap yakni gelombang berjalan. Dan ada juga gelombang yang amplitudonya berubah sesuai posisinya yaitu gelombang stasioner.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP