Pengaruh Iklim terhadap Persebaran Flora Fauna di Dunia

Seperti apa Pengaruh Faktor Iklim terhadap Persebaran Flora dan Fauna di Dunia?

Cobalah amati jenis-jenis tanaman di daerah dataran rendah sampai tinggi!Mengapa jenis-jenis tanaman itu bisa berbeda? Apakah dari perbedaan tersebut juga terjadi di dunia binatang?

Jadi, keberadaan flora dan fauna itu mutlak dipengaruhi oleh iklim yang berguna untuk berbagai proses pertumbuhan maupun perkembangannya.

Dapatkah kamu menjelaskan bagaimana faktor iklim yang dapat berpengaruh terhadap flora dan fauna itu?

Suhu dan kelembapan udara dapat berpengaruh terhadap proses perkembangan fisik flora dan fauna, sedangkan sinar matahari juga sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk melakukan fotosintesis dan metabolisme tubuh bagi beberapa jenis hewan. Angin pun sangat berperan dalam suatu proses penyerbukan atau bahkan menerbangkan beberapa biji-bijian tumbuhan sehingga berpengaruh langsung terhadap persebaran flora.

Kondisi pada iklim yang berbeda menyebabkan flora dan fauna berbeda pula loh. Jika di daerah tropis sangat kaya akan keanekaragaman flora dan faunanya, karena pada daerah ini cukup banyak mendapatkan sinar matahari dan hujan, keadaan ini berbeda pula dengan kondisi di daerah gurun.

Daerah gurun beriklim kering dan panas, curah hujannya sangat sedikit yang menyebabkan daerah ini sangat minim jenis flora dan faunanya.

Pada flora dan fauna yang hidup di daerah gurun mempunyai daya adaptasi khusus agar mampu hidup di daerah tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP