Skip to main content

Penjelasan Lengkap Bioma Gurun

Kupas habis pengertian, cirikhas, vegetasi, curah hujan, fauna, dan keadaan Bioma Gurun.

Dalam istilah geografi, gurun, padang gurun atau yang biasa disebut padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit - kurang dari 250 mm per tahun. Gurun ini adalag daerah yang dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan. Apabila dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah hal ini mungkin benar, walaupun jika kita amati secara saksama, gurun sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi khususnya adalah pada siang hari yang bertujuan untuk mempertahankan cairan tubuh. Kurang lebih dari sepertiga wilayah bumi adalah berbentuk gurun.

Pada bioma gurun sangat jarang ditemui suatu kehidupan, untuk bisa bertahan hidup beberapa flora haruslah bisa beradaptasi dengan lingkungan gurun.

Tanaman yang tumbuh disana di antaranya adalah tanaman kaktus.
Tanaman kaktus merupakan tanaman yang memiliki ciri khas berbeda dengan tanaman lain. Tanaman ini mempunyai
banyak duri dan juga terlapisi oleh lapisan lilin yang cukup tebal. Lapisan lilin dan duri ini merupakan bentuk adapatasi tanaman kaktus untuk mengurangi penguapan. Bentuk adaptasi kaktus yang lain adalah adanya kemampuannya untuk berbunga dan berbiji yang sangat cepat dan segera tumbuh setelah turun hujan, hal itu adalah bentuk adaptasinya untuk melakukan regenerasi.

Ciri bioma gurun
Bioma gurun dicirikan dengan kondisi iklimnya pada musim kering yang sangat ekstrim dengan suhu udara yang tinggi. Bioma guru tersebar di wilayah Amerika Utara yang disebut praire, di Asia disebut dengan steppa, Amerika Selatan disebut dengan pampas, dan Afrika Selatan disebut veld.

Bentang gurun memiliki beberapa ciri umum, yaitu sebagian besar terdiri dari permukaan batu karang. Bukit pasir yang disebut dengan erg dan permukaan berbatu adalah bagian pembentuk lain dari gurun.

Gurun kadang juga memiliki kandungan cadangan mineral berharga seperti minyak bumi yang terbentuk di lingkungan kering (bahasa Inggris: 'arid') atau terpapar oleh erosi. Karena keringnya wilayah gurun menjadikannya tempat yang ideal untuk pengawetan benda-benda peninggalan sejarah dan juga fosil. Air tanah di gurun cenderung asin karena larutan garam dalam tanah tidak cenderung berpindah baik karena pencucian oleh air maupun juga drainase.

Sesuai dengan kondisi alamnya, maka tidak semua jenis vegetasi dapat tumbuh di gurun. Jenis vegetasi yang bisa bertahan hidup di daerah gurun antara lain adalah tanaman kaktus, liliaceae, aloe, kaktus saguora, dan tanaman cholla.

fauna yang ada di gurun: hewan besar yang mampu menyimpan air seperti unta dapat bertahan di gurun, sedangkan hewan kecil hanya aktif pada pagi dan di malam hari saja di mana pada siang harinya bersembunyi di lubang-lubang seperti ular, tikus, kadal, dan serangga.



Comments

Popular posts from this blog

Tata Penulisan (Lettering) Pada Peta

Seperti apasih Tata Penulisan (Lettering) yang benar dalam peta itu? Pada peta juga terdapat aturan-aturan dalam cara penulisan pada suatu objek-objek geografi. Setidak-tidaknya disini Terdapat empat aturan penulisan dalam peta yang harus kita patuhi, lihatlah pada (Gambar 1.12). Dibawah ini adalah beberapa aturan atau tanda untuk penulisan nama - nama suatu objek dalam peta 1) pada nama-nama ibu kota, negara, benua, dan pegunungan itu haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kapital tegak. 2) untuk nama-nama samudra, nama teluk yang luas, laut, dan nama selat yang luas, maka harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital miring. 3) untuk nama-nama kota kecil dan gunung haruslah ditulis dengan menggunakan huruf kecil tegak. Pada awal nama kota dan gunung ditulis dengan huruf besar. 4) sedangkan untuk nama-nama perairan seperti sungai, danau, selat yang sempit, dan nama teluk yang sempit juga haruslah ditulis dengan huruf kecil miring. Itulah beberapa aturan penamaa

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya

Klasifikasi Virus Berdasarkan Tempat Hidupnya a. Virus bakteri (bakteriofage) Bakteriofage adalah jenis virus yang menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyerbu bakteri. Dibandingkan dengan kebanyakan virus lainnya, ia sangatkompleks dan mempunyai beberapa bagian berbeda yang telah diatur secara cermat. Semua jenis virus memiliki asam nukleat, yaitu pembawa gen yang diperlukan untuk menghimpun salinan-salinan virus di dalam sel makhluk hidup. Pada virus T4 asam nukleatnya adalah DNA, tapi pada banyak virus yang lainnya, termasuk virus penyebab AIDS, polio, dan flu, asam nukleatnya adalah pada RNA. Di virus RNA, RNA "baru" dibuat dengan cara menggandakan langsung RNA "lama" ataupun dengan cara lebih dulu membentuk potongan DNA pelengkap. mula-mula virus bakteriofage ditemukan oleh seorang ilmuwan Prancis yang bernama D'Herelle. Bentuk luarnya terdiri dari kepala yang berbentuk heksagonal, leher, dan ekor. Pada bagian dalam kepala mengandung dua p

Aturan Pakaian yang dipakai Untuk Kuliah

Apa saja sih standar pakaian yang dipakai untuk kuliah? Pakaian yang dipakai untuk kuliah adalah pakaian yang sopan, bebas juga rapi menurut kriteria universitas negeri ataupun swasta . Namun seperti apa pakaian yang sesuai kriteria tersebut? Kebanyakan, standar minimal pakaian yang boleh dikenakan untuk mengikuti kuliah bagi laki-laki adalah pakaian dengan baju berkerah bebas lengan panjang atau lengan pendek. Kemudian memakai celana panjang berbahan bebas, jeans, training ataupun lainnya. Untuk alas kaki yang dipakai adalah wajib memakai sepatu. Sepatu yang dipakai juga bebas boleh beragam warna, tidak harus pdl ataupun pdh. Biasanya pada setiap jurusan akan ada aturannya tersendiri. Style ala mahasiswa Style santai Style kalem Style cool abiss Siap ngojekin eneng deh :)   Pada setiap jurusan juga akan ada seragam khusus yang dipakai pada hari-hari tertentu. Terkadang harus memakai seragam khusus tersebut secara rapi yaitu dengan berdasi, baju dimasu