Berikut penjelasan lengkap kerangka, ciri dan syarat penting dalam surat lamaran pekerjaan.
Surat lamaran pekerjaan dapat ditulis tangan ataupun dengan cara diketik. Terkadang perusahaan atau instansi tertentu mensyaratkan secara khusus agar surat lamaran yang dikirimkan pelamar dengan cara ditulis tangan atau diketik.
Kalaupun surat lamaran pekerjaan itu akan ditulis tangan, tulisan tersebut tentunya harus ditulis dengan jelas, mudah dibaca, serta rapi. Surat yang ditulis seperti itu tentunya akan memudahkan orang yang membacanya sehingga menjadi menarik.
Apa saja kerangka atau bagian surat lamaran pekerjaan?
Bagian surat lamaran pekerjaan sebagai berikut.
1. Ada Tempat dan tanggal penulisan surat
2. Ada Perihal
3. Ada Alamat surat
4. Ada Salam pembuka
5. Ada Pembuka surat
6. Bagian Tujuan surat lamaran pekerjaan
7. Terdapat Identitas pelamar
8. Ada bagian Penutup surat
9. Bagian Tanda tangan dan nama jelas pelamar
Untuk penulis surat lamaran surat lamaran hendaknya juga mematuhi rambu - rambu, tips dan syarat yang sudah umum seperti berikut dibawah ini.
1. Jika ditulis tangan, maka tulislah sendiri di atas kertas bergaris dengan menggunakan kertas yang berkualitas baik.
2. Apabila diketik, maka gunakan kertas HVS dengan jarak pengetikan 1 spasi.
3. Kertas surat haruslah bersih, tidak boleh ada coretan, bekas hapusan, tip ex, dan juga bekas koreksian.
4. Sifatnya surat tetsebut adalah optimistis, artinya si pelamar akan mampu bekerja dengan baik. Jangan menulis kata - kata yang mudah menyerah atau malesan gitulah yakk..
5. Ada sapaan yang digunakan dalam surat lamaran, yaitu “ibu” atau “bapak”, serta tidak disarankan menyapa dengan menggunakan kata”Saudara”/”Anda”.
Bagaimana penggunaan bahasa surat lamaran pekerjaan?
Selain itu, pada bahasa surat lamaran pekerjaan juga harus memenuhi aturan sebagai berikut dibawah ini.
(1) Bahasa pada surat, yang digunakan adalah bahasa yang sopan dan simpatik.
(2) pada kalimat yang digunakan adalah mrnggunakan kalimat efektif dan komunikatif.
(3) Untuk bahasa, kita perlu menggunakan bahasa baku dan ejaan yang tepat.
Kapan surat lamaran dibuat?
Surat lamaran pekerjaan dapat dibuat setelah kalian/ calon pelamar mendapat informasi adanya suatu lowongan pekerjaan di perusahaan atau instansi tertentu. Adapun informasi lowongan kerja itu dapat diperoleh, baik melalui media massa atau media audio visual maupun via internet. Selain itu, ada juga surat lamaran pekerjaan yang dibuat berdasarkan oleh inisiatif dari calon pelamar sendiri.
Surat lamaran pekerjaan dapat ditulis tangan ataupun dengan cara diketik. Terkadang perusahaan atau instansi tertentu mensyaratkan secara khusus agar surat lamaran yang dikirimkan pelamar dengan cara ditulis tangan atau diketik.
Kalaupun surat lamaran pekerjaan itu akan ditulis tangan, tulisan tersebut tentunya harus ditulis dengan jelas, mudah dibaca, serta rapi. Surat yang ditulis seperti itu tentunya akan memudahkan orang yang membacanya sehingga menjadi menarik.
Apa saja kerangka atau bagian surat lamaran pekerjaan?
Bagian surat lamaran pekerjaan sebagai berikut.
1. Ada Tempat dan tanggal penulisan surat
2. Ada Perihal
3. Ada Alamat surat
4. Ada Salam pembuka
5. Ada Pembuka surat
6. Bagian Tujuan surat lamaran pekerjaan
7. Terdapat Identitas pelamar
8. Ada bagian Penutup surat
9. Bagian Tanda tangan dan nama jelas pelamar
Untuk penulis surat lamaran surat lamaran hendaknya juga mematuhi rambu - rambu, tips dan syarat yang sudah umum seperti berikut dibawah ini.
1. Jika ditulis tangan, maka tulislah sendiri di atas kertas bergaris dengan menggunakan kertas yang berkualitas baik.
2. Apabila diketik, maka gunakan kertas HVS dengan jarak pengetikan 1 spasi.
3. Kertas surat haruslah bersih, tidak boleh ada coretan, bekas hapusan, tip ex, dan juga bekas koreksian.
4. Sifatnya surat tetsebut adalah optimistis, artinya si pelamar akan mampu bekerja dengan baik. Jangan menulis kata - kata yang mudah menyerah atau malesan gitulah yakk..
5. Ada sapaan yang digunakan dalam surat lamaran, yaitu “ibu” atau “bapak”, serta tidak disarankan menyapa dengan menggunakan kata”Saudara”/”Anda”.
Bagaimana penggunaan bahasa surat lamaran pekerjaan?
Selain itu, pada bahasa surat lamaran pekerjaan juga harus memenuhi aturan sebagai berikut dibawah ini.
(1) Bahasa pada surat, yang digunakan adalah bahasa yang sopan dan simpatik.
(2) pada kalimat yang digunakan adalah mrnggunakan kalimat efektif dan komunikatif.
(3) Untuk bahasa, kita perlu menggunakan bahasa baku dan ejaan yang tepat.
Kapan surat lamaran dibuat?
Surat lamaran pekerjaan dapat dibuat setelah kalian/ calon pelamar mendapat informasi adanya suatu lowongan pekerjaan di perusahaan atau instansi tertentu. Adapun informasi lowongan kerja itu dapat diperoleh, baik melalui media massa atau media audio visual maupun via internet. Selain itu, ada juga surat lamaran pekerjaan yang dibuat berdasarkan oleh inisiatif dari calon pelamar sendiri.
Comments
Post a Comment