Pengaruh Faktor Biotik terhadap Persebaran Flora dan Fauna

Bagaimana Pengaruh Faktor Biotik terhadap Persebaran Flora dan Fauna?

Pernahkah Dirimu memerhatikan kehidupan burung-burung liar yang hidup dan berbaur di sekitar tempat tinggalmu?
Bagaimanakah si burung itu bisa mendapatkan makanan?

Burung adalah yang sebagian besar memakan biji-bijian yang dihasilkan oleh tanaman. Dirimu dapat memperhatikan di lingkungan tempat tinggal dan perhatikan tanaman yang banyak didatangi si burung saat tanaman tersebut berbuah.

Pohon beringin merupakan salah satu tanaman yang disukai oleh si burung. Loh kok bisa ya? Kayaknya pohon beringin nggak ada - apanya kok bisa disukai burung? Ternyata Burung-burung itu memakan biji beringin yang sudah matang loh gengs. Baru tahu ya? Lanjut, lalu burung itu tanpa sadar ternyata sudah menyebarkan tanaman beringin melalui biji yang masuk ke dalam tubuh burung lalu keluar bersama dengan kotorannya. Dalam pencernaannya si burung ternyata tidak mampu untuk memecah kulit keras pada biji-biji tertentu lho, nah sehingga biji tersebut keluar bersama kotoran si burung. Jadinya biji yang keluar bersama kotoran tersebut bila berada di habitat yang cocok akan tumbuh menjadi tanaman baru.

Aktivitas burung dalam rangka memenuhi kebutuhan makanannya ternyata bisa menjadi agen penyebar tanaman tertentu.

Kemampuan dari burung dalam menyebarkan tanaman ini seringkali bisa sampai dengan jarak berkilo-kilometer loh.

Selain burung, ada juga beberapa hewan tertentu yang ternyata juga secara tidak sadar telah menjadi agen penyebar tanaman tertentu. Apa yaa? Yak benar, Tupai, dalam aktivitas makannya seringkali mengumpulkan biji kenari atau biji baran dan untuk ditimbun terlebih dahulu agar terkumpul kemudian baru dimakan olehnya. Biji yang sudah tertimbun kenyataan tidak semua termakan oleh si tupai, sehingga biji tersebut akan tumbuh menjadi tanaman baru di tempat tersebut.

Seperti itulah Pengaruh Faktor Biotik yang betkaitan terhadap Persebaran Flora dan Fauna. Sudah mudeng gengs? Kalau belum mudeng ya berarti kalian ini dodoll.. wakaka

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP