Bioma Taiga atau Hutan Boreal

Apasih bioma taiga itu?

Bioma Taiga adalah bioma terluas dari bioma-bioma lain yang ada di bumi. Ciri-ciri taiga adalah mempunyai musim dingin yang cukup panjang dan musim kemarau yang panas dan sangat singkat yaitu berlangsung sekitar selama 1-3 bulan. Kemudian di selama musim dingin, air tanah akan berubah menjadi es dan mencapai sekitar 2 meter di bawah permukaan tanah. Jenis tumbuhan yang hidup disana juga sangat sedikit, biasanya hanya terdiri dari dua atau tiga jenis tumbuhan saja lho.

Bioma taiga terletak di kawasan beriklim subartik dengan iklim yang sangat dingin dan musim panasnya yang sangat pendek.

Kisaran temperaturnya antara suhu rendah dan suhu tinggi itu sangat besar. Tersebar di Skandinavia, Rusia Timur, Amerika Utara, dan beberapa di kawasan Asia Utara.

Tentunya kamu sudah dapat menyimpulkan jenis vegetasi apa yang hidup dalam bioma taiga?
Yak betul,.. Jenis vegetasi yang mendominasi adalah jenis vegetasi dari tanaman konifer (tumbuhan berdaun jarum), di antaranya adalah picea, abies, pinus, dan larix. Kondisi itulah yang menyebabkan hanya sedikit hewan yang bisa hidup di daerah taiga ini.

Semak dan tumbuhan basah yang ada disana sedikit sekali lho, sedangkan hewannya antara lain adalah moose, rubah, serigala, beruang hitam,  beruang,  ajag, dan ada pula burung-burung yang bermigrasi ke selatan pada musim gugur.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP