Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP

Apa itu Ilmu Gizi?
Singkatnya, ilmu gizi ialah ilmu yang mempelajari tentang makanan dan hubungannya dengan kesehatan serta faktor-faktor penyerta. Apa yang terpikirkan ketika mendengar gizi? Makanan? Ya, benar sekali. Di jurusan ilmu gizi banyak hal-hal yang berkaitan dengan pangan yang akan kita pelajari. Kita akan dikenalkan dengan zat gizi makro (karbohidrat, lemak dan protein) dan mikro (vitamin, mineral) dan bahan pangan apa saja yang mengandung zat tersebut.


Lulusan Ilmu Gizi akan jadi apa? Ya, jadi Ahli Gizi.  Strata satu (S1) yang memiliki gelar S.Gz sedangkan untuk lulusan Diploma memiliki gelar AMG. Ahli Gizi itu identik dengan Diet. Kalau kamu berkeinginan untuk menurunkan berat badan yang benar kalian bisa bertanya dan berkonsultasi kepada Ahli Gizi. Semisal, kalau mau tau diet penderita Diabetes, Asam Urat, Kolesterol tinggi, Kanker, Aids, bisa bertanya kepada siapa? Kita bisa bertanya kepada Ahli Gizi juga. Untuk Pengaturan makan buat ibu hamil, bayi, menyusui, balita, kita bertanya kepada siapa? Tentunya Ahli Gizi.


Apa hanya itu saja prospek kerja Ahli Gizi?

Memang prospek kerja jurusan ilmu gizi ini luas banget.

1. Pegawai Negeri Sipil
Lulusan ahli gizi bisa bekerja di Pemerintah Provinsi, Kementerian,  Pemerintah Kabupaten atau kota, dan seterusnya. Contohnya, di kementerian Kesehatan, Ketahanan Pangan, Balitbang, Penanggulangan Bencana (biasanya di dapur umum), Rumah Sakit Kota/Kabupaten, Rumah Sakit Provinsi, Puskesmas, Dinas Kesehatan, BPOM, Dosen di universitas negeri, dan lainnya. Setiap tahun Formasi yang dibutuhkan akan berbeda-beda. Setiap tahun pula semakin banyak kebutuhan Formasi untuk Ahli Gizi.

2. Sebagai Pegawai Swasta
Kebutuhan Lulusan Ilmu Gizi di perusahaan swasta semakin lebih banyak lagi apalagi di kota-kota besar yang berada di indonesia. Semisal jasa konsultan Gizi untuk katering “sehat”, Nutrition Care, pegawai Quality Control, Nutrition Representatif, Nutition Consultant, Product Development, atau lain-lain. Istilahnya berbeda-beda sesuai dengan kebijaksanaan masing-masing dari perusahaan.

Perusahaan apa saja yang termasuk dalam lingkup gizi?
Ada perusahaan susu, makanan, suplemen, gym/tempat kebugaran, katering, rumah sakit swasta, dll.  Ada juga yang terjun di bagian gizi olahraga, untuk mengatur makanan atlet. Atau yang lebih ekstrem lagi jadi pegawai bank. Memang pegawai bank itu bisa berasal dari jurusan mana saja.

3. Pengusaha/Entrepreneur/punya bisnis sendiri
Mahasiswa gizi atau lulusan gizi biasanya membayangkan pada suatu saat nanti bisa membuka dan mendirikan catering sehat ataaupun membuka praktek mandiri.

Tau bubur bayi yang dijual pagi-pagi? Itu pertama kali yang membuat inovasi adalah Mbak Nadya Juwita Ayu, dia adalah pemilik produk bayi bubur organik Bebi Luck. Selanjutnya ibu Mardiastuty, adalah pemilik bubur organik Brainy atau bubur Hajah Dias. Mereka dari jurusan non-gizi yang sukses. Omset penjualan yang mereka lakukan lebih dari 300 juta sebulan. Penghasilan bersihnya sekitar 25% dari omset penjualan, berarti bisa sekitar 75 juta per bulan. Penghasilan sebesar itu  sudah mengalahkan gaji seorang manajer yang bekerja bertahun-tahun.


Apa Saja Keuntungan Kuliah Jurusan Ilmu Gizi Undip?


  • KURIKULUM

Pada bagian kurikulum undip ini memuat lengkap serta detail tentang standar kompetensi lulusannya yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung & lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, misi & visi program studi.


  • TENAGA PENGAJAR ILMU GIZI UNDIP

Tidak main - main, Program Studi Ilmu Gizi Undip sekarang telah menetapkan persyaratan bahwa dosen pengajar di Program Studi Ilmu Gizi Undip (PSIG) harus memiliki kualifikasi pendidikan minimal sudah S2 dan mampu menjalankan Visi serta Misi PSIG Undip.


  • PRESTASI

Bukan hanya pengajaran saja tetapi juga membantu para mahasiswa agar mampu mengembangkan pribadinya supaya menjadi manusia yang dewasa, mantap serta bertanggung jawab sesuai dengan profil lulusan Universitas Diponegoro.


  • LAMA KULIAH JURUSAN ILMU GIZI UNDIP 

Rata-rata lama penyelesaian kuliah di studi Mahasiswa Prodi Ilmu Gizi adalah 4 tahun 3 bulan, sedangkan untuk rata-rata lama masa tunggu sebelum mendapatkan pekerjaan pertama kali adalah sekitar 3,5 bulan.



  • AKREDITASI

Akreditasi Jurusan Ilmu Gizi Undip ini tidak main - main. Ilmu Gizi Undip terakreditasi A, berlaku sampai januari tahun 2021


  • KELAS

Daya tampung total kelas adalah 160 orang


  • SYARAT MASUK ILMU GIZI UNDIP

1 Tidak boleh tuna netra
2 Tidak boleh tuna rungu
4 SMK / MAK 3 Tidak boleh tuna wicara
4 Tidak boleh tuna daksa
5 Tidak Boleh buta warna sebagian (parsial)
6 Tidak boleh buta warna keseluruhan/Sebagian
7 SMA Jurusan Saintek

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Gizi apa saja yang di ajarkan, Seperti Apa dan Bagaimana?

Matkul yang diajarkan adalah kebanyakan pembrlajaran ipa karena memang dasarnya adalah saintek terutama kimia dan biologi. Ada juga pelajaran lain seperti mata kuliah statistika, manajemen, kewirausahaan, , bahasa indonesia, bahasa inggris, olahraga dan masih banyak lagi.

Di Ilmu Gizi Undip, kalian akan diajak  kunjungan ke berbagai tempat yang seru seperti perusahan ataupun melakukan kunjungan ke rumah sakit. Ketika di semester tujuh, kalian juga akan turut merasakan bagaimana rasanya seorang ahli gizi bekerja.

Ada Praktik?
Di jurusan Ilmu Gizi Ada praktik gizi institusi, praktik gizi klinis, dan praktik gizi masyarakat. Praktik ini akan memberikan pembelajaran yang nyata bagi mahasiswa dan memberikan berbagai pengalaman-pengalaman yang tidak ditemukan di bangku kuliah lainnya. Praktik gizi klinis akan mengajarkan bagaimana cara menangani gizi pada pasien - pasien  yang mengidap berbagai penyakit di rumah sakit, sedangkan gizi institusi akan mengajarkan bagaimana cara penyelenggaraan makanan yang dilakukan disebuah institusi, sedang gizi masyarakat akan mengajarkan bagaimana peran seorang ahli gizi ketika menangani permasalahan gizi yang dihadapi oleh masyarakat.


Konon katanya, para mahasiswi gizi adalah incaran dari mahasiswa jurusan lain, karena anak gizi itu cantik-cantik. Ya, isinya cewek-cewek sih dengan tampilan yang berbeda karena mereka selalu memakai rok yang ketika kuliah akan lebih memancarkan aura ke-feminiman mahasiswi gizi, untuk para mahasiswi.


Biaya hidup
Kebanyakan biasanya beli makanan di warteg juga bisa. Biaya hidup di Semarang rata-rata untuk uang sewa kos adalah Rp 400.000, sedang untuk biaya makan perhari bisa sekitar Rp 30.000-,.



Biaya Kuliah Ilmu Gizi 2016
Kira - kira berapa juta ya biaya kuliah ilmu gizi undip? Mari simak dibawah ini.

  • Jalur SNMPTN dan SBMPTN : 

Pembayaran hanya biaya SPP berdasarkan UKT dari Golongan 1 – 7. Pembagian golongan tersebut berdasarkan usulan dari calon mahasiswa yang bersangkutan. Calon mahasiswa dapat memilih UKT Golongan 7 atau lainnya pada saat mengisi registrasi online calon sebagai mahasiswa baru.

Biaya Kuliah Ilmu Gizi Undip khusus SNPTN & SBMPTN
Berikut biaya dari golongan 1 sampai 7
500.000
1.000.000
3.000.000
4.000.000
5.000.000
6.000.000
7.500.000



  • Jalur Ujian Mandiri (UM S1) : 
Pembayaran studi terdiri dari biaya SPP dari UKT Golongan 7 dan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi. Biaya SPI ini hanya dibayar sekali selama studi pada awal semester 1. Untuk SPI tersebut terdiri dari Golongan 1 dan 2, dimana calon mahasiswa bisa memilih Golongan saat mau mendaftar menjadi peserta Ujian Mandiri S1 (pilihan terdapat pada pengisian formulir online).

Biaya Ilmu Gizi Jalur Ujian Mandiri
Hanya ada golongan 1, 2, dan 7
Biaya spp / smt golongan 7, =10.000.000

Biaya spi / 1 kali masa studi
Golongan 1 = 25.000.000
Golongan 2 = 30.000.000


Mau tanya - tanya tentang ilmu gizi undip? Lebih lanjut bertanya kepada himpunan mahasiswa ilmu gizi undip di :
instagram @hmigundip
twitter @hmig_undip

Tanya Jawab tentang PMB UNDIP :
Bisa hubungi Ruang Help Desk PMB UNDIP,
Ged. ICT Centre Lt. 1 Undip, Tembalang,
Semarang, 50275
FB : http://facebook.com/ayomasukundip
Email: um@undip.ac.id
Fax. 0247460033
0852-8721-7831 / 0852-8721-7841 (CALL) / 0812-2561-1333 (SMS CENTER/NO CALL)
dilayani pada jam kerja jam 08.00 – 16.00 WIB

Catatan :
Refrensi diambil dari website undip & pengalaman mahasiswa yang pernah berkuliah di jurusan ilmu gizi undip

Refrensi :
gizi.undip.ac.id
um.undip.ac.id
ahligizimalang.com
m.kompasiana.com

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?