Definisi dan Pengertian Tari Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian dan  definisi tentang tari yang dikemukakan menurut pendapat dari beberapa ahli:


a. Corrie Hartong seorang ahli tari dari negara Belanda yang mengemukakan: “Tari adalah suatu gerak-gerak yang diberi bentuk dan ritmis dari badan di dalam ruang”.

b. Kamaladevi Chatopadhayaya, adalah seorang ahli tari dari India yang
mengemukakan bahwa: “Tari dapat dikatakan sebagai suatu instinct, atau suatu desakan emosi didalam diri kita yang mendorong kita untuk mencari ekspresi pada tari, yakni gerakan-gerakan luar yang ritmis yang lama kelamaan nampak mengarah pada bentuk-bentuk tertentu”.

c. Pangeran Suryodiningrat (ahli tari Jawa) yang mengemukakan: “Tari adalah gerakan-gerakan dari seluruh bagian tubuh manusia yang disusun secara selaras dengan irama musik serta mempunyai maksud tertentu”.

d. Walter Sarrel, yang mengemukakan: “Tari adalah gerakan-gerakan badan yang seimbang menuruti irama tertentu dan dalam tempat tertentu”

e. DR.J.Verkuyl yang mengemukakan: “Tari adalah suatu gerakan-gerakan tubuh dan anggota-anggotanya yang disusun sedemikian rupa sehingga berirama”.
Tari dolalak khas kab. Purworejo

Definisi-definisi di atas telah menyimpulkan dan mengungkapkan bahwa seni adalah ekspresi dan elemen dasar dari tari itu adalah gerak dan ritme. Tari lahir bersama-sama dengan lahirnya manusia yang ada di dunia. Mereka hidup secara kumulatif dan didukung oleh masyarakat  serta pada lingkungannya, berkembang searah dengan keadaan alam dan perkembangan jaman dari tahun ke tahun ditandai dengan perjalanan zaman, dari jaman primitif sampai jaman sekarang ini.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP