Sebaiknya Ambil Jurusan Apa saat Kuliah?

Hai perkenalkan nama aku Putri Aperia yang biasa dipanggil dengan putri atau puput. Aku lahir di kota Serang dua bersaudara , yap tepatnya aku anak terakhir atau anak bungsu.

2012 Aku lulus SMP dan masuk ke SMK . Pada waktu aku pertama kali masuk SMK itu merasa tegang banget waktu lagi MOS ( Masa Orientasi Siswa ) kakak panitia MOSnya kliatan besar besar badannya, itu yang bikin aku jadi tegang hihi. Setelah selesai MOS, aku masuk kelas 1 SMK atau kelas 10 , di kelas ku muridnya adalah cewek semua , karna pada waktu itu memang dipisah kelasnya cewek sama cowok .

10 bulan kemudian ...


Aku sudah banyak dapet temen baru, rasanya asyiiiik. Teman teman ku pada seru dan kocak banget dan kebanyakan dari mereka kalau ngobrol pasti pake bahasa Jawa, hihi rada rada ngerti sih dikit sih, cuma aku kalo ngomong pake bahasa Jawa katanya gak pantes ?? gak tau deh apa artinya hihi. Nah di selang waktu kosong atau pas lagi nggak ada jam pelajaran, aku dan teman teman sering curhat - curhatan tentang cintalah dan apalah itu , tapi yang lebih sering itu adalah pastinya tentang cita cita dan impian kalo udah lulus sekolah ntar mau lanjut kuliah atau kerja aja. Nah , aku suka ditanya gini sama teman ku , saudara ku , dan kakak ku . " Put , nanti kalo udah lulus sekolah mau lanjut kuliah apa kerja?" katanya . Aku jawab gini " Insya allah aku akan kerja sambil kuliah " Kata ku . " Oh, terus kalo kuliah mau ambil jurusan apa ?" katanya . "Aku mau ambil Seni Musik aja ah hehe " Kata aku.

2 tahun kemudian ..


Alhamdulilah tak terasa sudah ada di kelas 11. Lagi banyak banyak melakukan persiapan buat naik ke kelas 12 bikin deg deg an deh . Waktu kenaikan dari kelas 10 ke kelas 11 aku dapet ranking 2 hihi seneeeeeng banget. dan dikelas 11 ini aku malah agak longgar belajar nya , hanya yang intinya aja deh yang aku pelajari, karna nantinya di kelas 12 hanya ada 6 bulan saja untuk belajar sisanya buat persiapan kelulusan deh. Bulan demi bulan aku lalui di kelas 11 dan sampai pada akhirnya kenaikan ke kelas 12 telah tiba . Aku deg deg an banget, ujian satu persatu aku isi dengan semaksimal mungkin , semuanya telah aku lewati dengan optimis dan pada akhirnya menjelanglah di kenaikan kelas 12. Alhamdulilah naik kelas dan libur panjang pun telah tiba …...

Selesai libur..


Setelah selesai libur, sekarang waktunya masuk sekolah, dan duduk dikelas 12 bisa ketemu teman baru dan pelajaran baru yang nambah seru dan menantang banget asyiik … seiring dengan perjalanan ku di kelas 12 ada banyak sekali tugas dan praktek yang perlu aku kerjain demi mendapatkan predikat "LULUS" . Butuh kerja keras dan perjuangan yang gigih tentunya.

Menjelang kelulusan …


Beberapa minggu lagi pengumuman kelulusan akan tiba , 'Duuh .. aku deg deg an banget yaah !!?? ". Aku selalu berikhtiar dan belajar serta berdoa kepada sang Maha Kuasa supaya diberi kemudahan dalam mengerjakan soal ujian. Detik detik saat mengisi soal ujian , corat coret tulisan ku sudah menempel dikertas putih yang tak penuh dosa itu telah melalui uji komputer . Lalu, beberapa hari berikutnya setelah selesai ujian dan ada berbagai macam praktek , "Pengumuman..!!!" . liat dinding pengumuman , aku cari cari namaku . Taraaaaaa.. waaah seneng bangeeeetttt aku bisa lulus 100% . Udah kaya mimpi aja ya. Makasih Ya Tuhan, Alhamdulilah aku sujud syukur atas Kuasa mu yang Maha Khaliq .

123Rf.com

Dilema Masuk Jurusan Kuliah

Beberapa bulan kemudian aku merasa dilema masalah jurusan perkuliahan. Awalnya sih udah persiapan semenjak daribsekolah SMK pengen banget masuk jurusan Fakultas Kesenian , yaitu di jurusan Seni Musik. Udah kekeh banget malah udah bikin janji sama diri sendiri. Lalu aku minta pendapat sama guru ku , kakak ku , dan juga ke orang tua ku . Banyak perbedaan pemasukan dari orang orang , malah dilema deh jadinya . Akhirnya aku kemudian beralih untuk bekerja dulu sambil mencari yang terbaik untuk masa depan ku itu. Buat lamaran kerja sebanyak mungkin, lamar sana lamar sini . Setelah beberapa bulan, dan Kriing.. kriing.. dering telponku. Dan gak taunya dapet telpon dari perusahaan . Waah .. seneng banget aku, dapet panggilan buat kerja. Siap siap langsung ke tempat kerjaan , berbagai tes telah aku lalui dan akhirnya aku di terima sebagai seorang karyawan .

Mulai Masuk perkuliahan…


Beberapa bulan setelah kerja, aku langsung daftar kuliah . Dan yang tadinya pengen banget mau ambil jurusan seni ternyata seiring dengan berjalannya waktu, membuat keinginan berkata lain. Aku mengabil jurusan Teknik Sipil , yah walaupun aku masih belum ngerti tentang teknik sipil tapi aku tau sih sedikit hihi. Dengan berjalannya waktu , perlahan aku juga akan mengerti lebih tentang sipil. Karena kalo jurusan seni itu gak ada kelas buat karyawan, makanya aku pilih ambil jurusan Teknik aja karna ada kelas karyawannya. Dan itu pun juga beda kampusnya . Segitu juga aku udah alhamdulilah banget bisa ambil jurusan Teknik Sipil, karena kebanyakan orang, kalau kaum perempuan pengen banget ambil teknik sipil itu cuma ada satu yang menjadi penghalang, yah benar, Orang tua . Kalo papah dan mamah kalian ga setuju atau ngedukung perkuliahanmu pasti kuliah nya nggak akan stabil atau maksimal yang ada malah bolos terus hihi.

Teknik Sipil, itulah akhirnya pikiran dan hati ku sudah bulat dan aku pastikan telah memilih, pilihan yang terbaik, yakni Teknik Sipil . Semoga kedepannya diberi kemudahan dan kelancaran dalam perkuliahan ku . Aku ini baru mau masuk semester 1 hihi, doain yah semoga bisa lolos sampe skripsi , dan skripsi nya baik . Amiin.

Gimana Kalau Bingung mau Ambil Jurusan apa?

Tentang memilih jurusan kuliah, sebaiknya ambillah dengan bijaksana, mulai kepoin jurusan - jurusannya, kalau dirasa cocok, bisa kamu ambil. Kamu juga perlu memikirkan dahulu sebelum maju, jadi persiapkanlah dulu apa yang akan kamu lakukan untuk menyongsong masa depan mu jauh - jauh hari. Simpan dulu masa masa bermain mu , kita perlu ubah main set kita untuk berfikir lebih maju, gapailah terus cita dan impian mu setinggi mungkin ya!

Baca juga : 6 Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Keadaan Diri

Penulis
Puteri Peria

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Kuliah di S2 dan S3?

Apa itu Responsi?

Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UNDIP